SULTRAKINI.COM: MUNA - Dua hari menjelang penutupan pendaftaran Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah Muna, baru menerima satu berkas partai politik yang memenuhi syarat peserta.

KPUD Muna Terima Satu Pendaftar Calon Peserta Pemilu 2019
Komisioner KPUD Muna, Suleman Loga. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

"Baru satu parpol, yakni PSI yang dinyatakan lengkap. Kalau di PSI kemarin kita sudah berikan tanda terima, tinggal menunggu masa penelitian administrasi dan persiapan verifikasi faktual," terang Komisioner KPUD Muna, Suleman Loga saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (14/10/2017).

Sebelumnya, Partai Perindo juga melakukan pendaftaran Pemilu 2019 pada Senin (9/10) lalu, namun pihaknya mengembalikan berkas dengan alasan terdapat ketidaksesuaian berkas dengan yang tertera di Sistem Partai Politik (Sipol). Sampai Sabtu kemarin, parpol tersebut belum melengkapi berkas pendaftaran.

Sementara itu, dari Partai Hanura dan Partai Nasdem sebelumnya juga melakukan konsultasi kepada KPUD sehubungan calon peserta Pemilu 2019. Namun, hingga kini belum juga menyerahkan berkas pendaftarannya.

Penekanan untuk calon peserta Pemilu 2019, yakni kesesuaian data di Sipol dengan berkas yang nantinya diserahkan kepada KPU.

Berdasarkan jadwal, pendaftaran dibuka mulai 3-16 Oktober atau 14 hari lamanya, pelayanan pendaftaran parpol dilakukan mulai pukul 08.00 Wita-16.00 Wita. Untuk hari terakhir pendaftaran, KPU memperpanjang waktu hingga pukul 00.00 Wita.

Hasil pengalaman sebelumnya, sejumlah parpol kerap memanfaatkan waktu terakhir untuk melakukan pendaftaran yang terkadang menyulitkan pihak KPU. Terlepas dari itu, pihaknya juga telah siap dengan pelayanan para pendaftar sebelum berakhirnya waktu yang ditentukan. Di satu sisi, KPU berharap, pengurus parpol bisa selalu koordinasi sehubungan syarat menjadi peserta Pemilu 2019.

"Kami tidak henti-hentinya menghimbau kepada teman parpol untuk melakukan koordinasi kepada KPU. Sekiranya jika ditemui kendala dalam proses pemenuhan syarat dokumen, kami bisa memberikan solusi. Saya kira mereka sudah paham tentang syarat dan kelengkapan yang harus dipenuhi pada masa pendaftaran ini," kata Suleman.

(Baca juga: DPC PDIP Mubar Lolos Seleksi Berkas Pendaftaran Pemilu 2019)


Laporan: Arto Rasyid

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations