Kuatnya Gempa Filipina Magnitudo 6,8 Dirasakan sampai di Pulau Sulawesi

SULTRAKINI.COM: Gempa bumi bermagnitudo 6,8 belum lama ini mengguncang selatan Filipina, tepatnya pada Selasa (29 Oktober 2019) pukul 08.04 WIB. Kekuatan gempa bahkan menggoyangkan sejumlah bangunan hingga membuat panik masyarakat. Parahnya, gempa ini turut dirasakan sampai ke Pulau Sulawesi, Indonesia.

Institut Seismologi dan Vulkanologi Filipina mulanya menyatakan kekuatan gempa tercatat magnitudo 6,6 yang disebabkan pegerakan di patahan lokal sekitar tujuh kilometer (4,3 mil) dari 25 kilometer timur laut Kota Talunan, Provinsi Cotabato. USGS yang melaporkan gempa bumi ini bermagnitudo 6,8.

Kekuatan gempa dilaporkan terasa hingga di wilayah Sulawesi Utara, yakni Tahuna, Kabupaten Sangihe dan wilayah Melonguane, Kabupaten Taluad dengan tipe II-III MMI.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, titik lokasi gempa terletak pada koordinat 6,84 Lintang Utara dan 125,22 Bujur Timur.

Sebelumnya dilaporkan, gempa bermagnitudo 6,3 juga terjadi di wilayah yang sama. Gempa ini menewaskan lima orang dan banyaknya kerusakan rumah milik warga dan bangunan-bangunan lainnya. Dan gempa yang berkekuatan M 7,7 juga pernah mengguncang Filipina pada tahun 1990 dan menewaskan hampir 2.000 orang.

Sumber: Kompas.com & CNBC Indonesia
Laporan: Nuriyanti

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.