Kurangnya Tinta Hambat Pencetakan KIA di Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari menargetkan Kartu Identitas Anak (KIA) tercetak 20.000 keping pada 2019. Namun kurangnya tinta untuk mencetak kartu tersebut, membuat pihaknya baru mencetak sekitar 1.700 keping.

“Kita mulai mencetak kiranya 1.700 keping dari 14 SD dan 2 SLTP yang sudah dikunjungi,” ucap Kepala Disdukcapil Kendari, Halili, Kamis(24/10/2019).

Pihak capil telah menyerahkan KIA di dua sekolah, yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendari sebanyak 380 keping dan di SD Mata. Sementara sekolah lainnya belum tersalurkan. Kendalanya adalah kekurangan tinta ribbon dan tinta roll KIA.

“Jadi permasalahan saat ini tinggal masalah tinta sama dengan KTP. Jadi kami usul ke Jakarta melalui dana APBD tahun 2019,” terangnya.

Pendaftaran KIA sendiri dilakukan secara kolektif, yakni mengunjungi langsung sekolah-sekolah untuk mengambil berkasnya sesuai persyaratan yang berlaku. Pencetakannya pun dilakukan per sekolah sesuai jumlah peserta dan diberikan tanpa memungut bayaran.

Menurut Halili, adanya KIA membawa respon positif dari orang tua siswa.

“Pihak sekolah dan orang tua sudah luar biasa antusiasnya, apalagi mereka menginginkan anak-anak mereka memiliki KIA ini karena KIA suatu saat akan dijadikan persyaratan untuk masuk sekolah. KIA juga mempunyai manfaat lain termasuk BPJS dan mungkin juga ada hal-hal lain yang mungkin kita akan kerjasamakan kepada pihak-pihak ketua lembaga,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, KIA diluncurkan pada peringatan HUT Kendari ke-188. Pengenalan KIA juga dilakukan ketiak Expo Kendari tahun ini. (Adv)

Laporan: Yunus Lestari&Ade Putri
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.