Kursi PKB Milik Siapa? KSK dan Litanto Saling Klaim

  • Bagikan
Dua kandidat yang akan bertarung di Pilkada Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Litanto. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Perebutan kursi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe mulai menghangat. Masing-masing kandidat telah mengklaim bahwa partai A dan B bakal menjadi pengusungnya, Selasa (1/8/2017).

Setidaknya hal itu tampak pada Partai Kebangkitan Bangka (PKB) Konawe. Partai yang memiliki dua kursi di DPRD tersebut menjadi incaran kandidat petahana, Kery Saiful Konggoasa (KSK) dan kandidat lainnya Litanto.

Sebelumnya, tim pemenangan KSK telah mengklaim bahwa kandidatnya bakal diusung tiga partai. Ketiganya adalah PAN, PKB dan Partai Nasdem. Kedekatan KSK dan PKB dapat dilihat dengan dijadikannya Irawaty Umar Tjong sebagai salah satu tim inti dari kandidat petahana. Sebagaimana diketahui, Ira merupakan salah satu kader terbaik milik PKB yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Konawe.

Sementara, tim pemenangan Litanto juga mengklaim saat ini tengah menjadi komunikasi yang baik dengan PKB. Hal itu dikatakan langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Konawe, Rusdianto. Ia menyebut, selain PDIP pihaknya menarget ada tiga sampai empat partai yang akan mengusung Litanto.

“Kami sudah kamunikasi intens bersama tujuh partah. Yang paling dekat saat ini Demokrat dan PKB,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC PKB Konawe, Mustaring mengungkapkan pihaknya hingga saat ini masih membuka pintu untuk semua calon. Sehingga siapa pun punya hak sama untuk diusung PKB kedepannya.

“Proses ini masih panjang. Insya Allah Agustus ini kami buka penjaringan. Makanya untuk sementara, semuanya punya peluang yang sama untuk diusung PKB,” jelasnya.

Terkait adanya kader PKB yang kini menjadi tim kerja KSK, Mustaring menganggap hal itu wajar saja. Terlebih kata dia, jika kader yang dimaksud (Irawati Umar Tjong) merupakan satu komisi dengan Ardin yang menjabat sebagai ketua Komisi II DPRD Konawe dan juga ketua tim pemenangan KSK.

“Hal yang seperti ini biasa, karena kebetulan mereka satu komisi. Tapi saya tegaskan, semua kandidat masih punya ruang yang sama,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, PKB Konawe saat ini memiliki dua kursi di DPRD Konawe. Dua legialatornya, yakni Irawati Umar Tjong dan Nur Ilmi.

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan