La Bakry Berharap TMMD Bangun Kesadaran Masyarakat Tingkatkan Sektor Pertanian Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Bupati Buton, La Bakry berharap kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kecamatan Lasalimu Selatan dapat melahirkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pertanian melalui penyuluhan pertanian.

Sektor pertanian, menurut La Bakry sangat penting dalam penentuan standar ekonomi di tengah masyarakat, tidak terkecuali pemerintah daerah. Sektor dinilai selain mempengaruhi tingkat kesejahteraan juga bagian dari program ketahanan pangan.

“Di tahun 2020, 2021, dan seterusnya kita dorong komunitas pertanian di Kabupaten Buton karena saya ingin memastikan seperti disampaikan Bapak Presiden di 2045–Indonesia merdeka di mana pendapatan perkapita masyarakat Indonesia itu rata-rata 20 juta ke atas,”ucapnya, Kamis (4/3/2021).

La Bakry berharap melalui TMMD, TNI dapat mengajak masyarakat untuk serius dalam meningkatkan sektor pertanian di lingkungannya, dengan menciptakan inovasi dan berinisiatif membudidayakan bibit secara mandiri sehingga tidak perlu menunggu bantuan dari pemerintah daerah.

Buton dinilai masuk dalam salah satu daerah produksi kelapa dari 238 daerah di Indonesia penghasil kelapa. Namun untuk nilai jual skala ekonomi tidak cukup.

Menanggapi hal tersebut, Dandim 1413/Buton, Latkol Inf Arif Kurniawan mengatakan penyuluhan merupakan salah satu upaya penyadaran masyarakat dalam rangakaian TMMD yang dipimping Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Personel TMMD akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk mengadakan penyuluhan langsung kepada masyarakat.

Diharapkan pula melalui penyuluhan kepada masyarakat tersebut visi misi pemerintah dapat tercapai dengan melibatkan peran masyarakat khususnya di Lasalimu Selatan.

“Kita akan mengadakan penyuluhan pertanian yang merupakan salah satu rangkaian TMMD untuk sasaran non-fisik,” terangnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.