La Bakry: Masih Banyak Warga Melintasi Perbatasan Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Bupati Buton sekaligus ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Buton, La Bakry bersama wakilnya, Iis Elianti memantau Posko Gugus Tugas Covid-19 di wilayah perbatasan pada Kamis, 14 Mei 2020.

Pemantauan tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi warga yang melintasi perbatasan Buton dengan daerah tetangga.

La Bakry dan tim satgas Covid-19 Buton memantau dua posko perbatasan, yaitu posko Kamelanta dan posko Todanga. Posko Kamelanta terletak di Desa Kamelanta, Kecamatan Kapontori yang menghubungkan Kota Baubau dengan Kabupaten Buton.

Sementara Posko Todanga berada di Kecamatan Kapontori merupakan jalur ramai yang menghubungkan Kabupaten Muna di Pulau Buton dan Kabupaten Buton.

“Hingga saat ini masih banyak warga yang melintasi perbatasan Buton, sehingga penjagaan yang melewati Posko Satgas Covid-19 perbatasan Muna-Buton maupun Baubau-Buton diperketat penjagannya,” ucap La Bakry, Kamis (14/5/2020).

La Bakry mengaku satgas Covid-19 Buton terus memantau dan memastikan para petugas medis maupun aparat TNI-Polri dan Satpol PP bekerja 24 jam mengawasi posko perbatasan.

Menurutnya, salah satu potensi penularan Covid-19 adalah melalui interaksi dengan warga yang pernah berkunjung ke daerah terpapar atau orang lain yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah-daerah luar Kabupaten Buton.

“Salah satu potensi penyebaran Covid-19 yang patut diwaspadai adalah jalur-jalur masuk lewat perbatasan, termasuk di Desa Todangga dan Desa Kamelanta,” katanya.

Kata La Bakry, satgas covid terus meningkatkan pengawasan terhadap warga yang baru masuk ke wilayah Buton dan diharapkan kesadaran masyarakat yang baru tiba dari luar daerah, untuk melaporkan diri pada pemda atau PKM di wilayah tempat tinggalnya agar dapat dilakukan pengawasan secara ketat.

Dalam kunjungannya, La Bakry juga membagikan masker pada warga yang melintasi posko tidak terkecuali warga di sekitar posko tersebut.

“Warga juga diingatkan untuk memakai masker. Mereka juga diingatkan untuk melapor kepada pemda, pemerintah desa jika ada warga yang masuk,” tambahnya.

Data gugus tugas Covid-19 Provinsi Sultra hingga 14 Mei 2020 pukul 17.00 Wita, Kabupaten Buton masuk zona hijau. Daerah ini juga tercatat memiliki 15 orang tanpa gejala (OTG), empat orang dalam pemantauan (ODP), 0 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 0 positif corona.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.