La Bakry Minta Warga Buton Sukseskan SP2020

SUTRAKINI.COM: BUTON – Bupati Buton, La Bakry mengiimbau warganya untuk mensukseskan sensus penduduk online pada 15 Februari-31 Maret 2020. Sensus ini bisa diakses secara mandiri melalui laman resmi sensus.bps.go.id.

Periode kedua kegiatan SP2020 di antaranya kegiatan verifikasi, dimana petugas sensus akan mengecek keberadaan penduduk berdasarkan daftar penduduk. Kemudian kegiatan pencacahan lapangan, yaitu petugas sensus akan mendata penduduk yang belum melakukan sensus penduduk online yang dijadwalkan pada 1-31 Juli 2020.

La Bakry berharap semua elemen Pemeritahan Kabupaten Buton mulai dari OPD, camat, maupun tokoh masyarakat untuk mendukung dalam kegiatan tersebut dengan menyebarluaskan informasi dan mengajak masyarakat melakukan sensus penduduk online secara mandiri dan membantu petugas sensus pada pelaksanaan sensus wawancara.

“Dukungan dalam SP2020 dengan menyebarluaskan informasi di berbagai kesempatan dan media, misalnya di WhatsApp group,” kata La Bakry saat membuka rakor dan sosialisasi SP2020 Kabupaten Buton bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Kominfo yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton, Selasa (18 Februari 2020).

Menurut La Bakry, kunci sukses penyelenggaraan SP2020 adalah koordinasi intensif dengan setiap kementerian, lembaga, organisasi, dan OPD, serta jajaran pemerintah pusat.

Fortune

“Baik sensus penduduk online maupun wawancara akan melibatkan lurah, kepala desa, dan ketua/pengurus satuan lingkungan setempat,” tambahnya

Data SP2020 nantinya digunakan pemerintah untuk memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah serta sebagai dasar perencanaan pembangunan dalam menentukan kebijakan sehingga keputusan yang diambil lebih tepat sasaran untuk diimplemtasikan kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton, Sudirman, mengatakan pihaknya siap mendukung dan mengembangkan portal satu data Buton dengan sistem sistem antarserver atau host to host dan integrasi sistem sehingga memudahkan produsen data.

“Kami juga akan membuka pos pelayanan untuk membantu masyarakat meng-update data pada SP2020 online,” ucap Sudirman.

(Baca juga: Tokoh Masyarakat Di Sultra Isi Sensus Online, Rektor UHO: Gampang Asal Pintar Baca)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.