La Witiri, Wartawan yang Menjadi Anggota DPRD Meningggal Dunia

  • Bagikan
La Witiri di Pantai Tritir Bantul, saat kunjungan kerja sebagai anggota DPRD beberapa waktu lalu. Foto: Dok Pribadi yang diunggah di Facebook.

SULTRAKINI.COM: Anggota DPRD Buton Selatan La Witiri (56 tahun) menghembuskan napas terakhirnya di Jakarta pada Selasa (5 Juni 2018). Jenazah almarhum rencana akan dimakamkan di kampung halamannya, Pulau Siompu, Busel, Sulawesi Tenggara.

Informasi dihimpun SultraKini.com bahwa La Witiri ke Jakarta dalam rangka perjalanan dinas, namun sebelum selesai tugasnya sudah meninggal dunia akibat serangan jantung.

Jenazah telah diberangkatkan dari Jakarta pada Rabu (6 Juni 2018) pukul 03.00 WIB melalui Kendari. Diperkirakan tiba di Banadara Halu Oleo pada pukul 07.00 WITA, selanjutnya akan di bawah ke Baubau untuk diteruskan ke Pulau Siompu.

Pria kelahiran 24 Juni 1962 itu sebelum menjadi anggota DPRD Buton Selatan dikenal sebagai wartawan senior yang bekerja di Harian Buton Pos di Kota Baubau. Kariernya di dunia kewartawan cukup panjang. Di era Orde Baru menjadi kontributor dan koresponden sejumlah harian besar yang terbit di Jakarta, diantaranya adalah Koran Berita Yuda.

Tahun 1995, kemudian bergabung di Harian Media Kita. Perusahaan media cetak milik P.P Bittikaka yang bergabung dengan Jawa Pos yang memiliki jaringan media cetak terluas di Indonesia, saat itu.

Media Kita sebelumnya adalah koran mingguan yang terkadang tidak teratur jadwal terbitnya. Nanti bergabung dengan Jawa Pos Group kemudian Media Kita mulai terbit secara harian untuk pertama kali pada tanggal 4 September 1995. Media Kita kemudian berubah nama menjadi Kendari Pos pada tahun 1999. Hingga kemudian tahun 2004 koran ini membuka harian di Baubau bernama Radar Buton (sekarang Buton Pos). La Witiri ikut pindah ke Baubau.

Pada pemilu legislatif tahun 2014, La Witiri terpilih menjadi anggota DPRD Buton Selatan mewakili Dapil Siompu, kampung halamannya. Ia adalah caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat itu dipimpin oleh Umar Samiun (Bupati Buton).

Selama menjadi anggota DPRD Buton Selatan, La Witiri kerap menyapa rekan-rekannya selama bekerja di media. Bahkan terakhir, 31 Mei 2018, ia menyapa Lily Sahido, teman seperjuangannya di Harian Media Kita Kendari dahulu. Melalui aplikasi messenger ia menyampaikan ke Lily bahwa sementara berada di Tangerang Selatan. Lily sendiri saat ini sudah tidak bekerja di media namun masuk partai politik (PDIP).

Perjalanan dinas ini rupanya untuk terakhir karena beliau sudah kembali menghadap kepada sang pencipta alam. Allah SWT. Selamat jalan pak Witir – begitu biasa disapa. Pers di Sultra kembali kehilangan anggotanya.

Laporan: shen

  • Bagikan