Pilkada koltim

Laboratorium Ilmu Komunikasi UHO Luncurkan Smart Card

SULTRAKINI.COM: Menjawab tantangan era internet of things, Laboratorium Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo, meluncurkan kartu laboratorium dengan konsep smart card (kartu pintar), tampilan kartunya telah memiliki QR Code yang penggunaannya telah terintegrasi langsung dengan internet.

Pengembangan ide kartu laboratorium dengan konsep kartu pintar merupakan output dari kegiatan Pelatihan Penerapan Teknologi Komunikasi dan Informasi pada Proses Pembelajaran Jurusan Ilmu Komunikasi dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 oleh sejumlah dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO pada 17 November lalu. Kartu ini dapat dimanfaatkan mahasiswa Ilmu Komunikasi saat berkegiatan di laboratorium.

“Kartu ini kami bagikan secara gratis kepada mahasiswa yang memiliki mata kuliah terjadwal di laboratorium dan akan dibagikan bertahap kepada seluruh mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi,” ungkap Kepala Laboratorium Jurusan Ilmu Komunikasi, Sitti Utami Rezkiawaty Kamil, Minggu (18 November 2018).

Selain menjadi kartu kontrol kehadiran dan kontrol kerja mahasiswa di laboratorium yang datanya dapat diperbaharui secara real time dan terkoneksi dengan portal Jurusan Ilmu Komunikasi, QR Code pada kartunya di-setting menyimpan data penting mahasiswa yang mendukung kebutuhan akademiknya saat berkegiatan di laboratorium.

Pilkada

“Kehadiran kartu ini akan lebih mengefisienkan waktu dan proses belajar mengajar yang tidak lagi direpotkan dengan proses cek kehadiran manual seperti yang terjadi selama ini yang bisa membutuhkan waktu hingga 10 menit. Kartu ini memungkinkan mahasiswa hanya perlu melakukan scanning kartu pada petugas saat akan memulai kelas di laboratorium ilmu komunikasi,” lanjut Utami dalam rilisnya diterima SultraKini.Com (18 November 2018).

Saat ini manfaat kartu lab tidak hanya digunakan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang memiliki jadwal kerja di laboratorium, tetapi bisa dimanfaatkan mahasiswa jurusan lain yang menjadi anggota media kampus yang dikelola langsung oleh laboratorium Ilmu Komunikasi. Saat ini laboratorium mengelola tiga media, yakni Vox Radio, Vox Channel, dan Website Jurusan Ilmu Komunikasi serta satu akun media sosial instagram.

Kedepannya, kartu ini diharapkan memiliki fungsi lebih dan bukan sekadar kartu lab saja tetapi bisa dimanfaatkan dan terintegrasi lebih luas penggunaannya sebagai kartu mahasiswa, kartu perpustakaan, dan lain sebagainya. Diharapkan pula peluncuran kartu ini semakin mendukung citra positif dan ciri khas Jurusan Ilmu Komunikasi yang lebih digital sehingga menghasilkan lulusan yang lebih siap dengan kebutuhan kerja era revolusi industri 4.0.

Laporan: Hariati

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.