Pilkada koltim

Lagi Jurnal IAIN Kendari Terakreditasi Nasional

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Jurnal Li Falah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari terakrditasi nasional. Jurnal tersebut merupakan yang keempat setelah Langkawi, Al Izzah dan Al Ta’dib terakreditasi nasional seperti yang diberitakan sebelumnya.

Pengelola Jurnal Li Falah, Sodiman, mengatakan jurnal Li Falah terakreditasi nasional dalam Science and Tecnology Indek (Sinta) 4. Selain itu, jurnal tersebut juga terakreditasi di Directory of Open Acces Journal (DOAJ), dan Ministry of Religious Affairs’ References (Moraref).

“Hasil riset yang dimuat dalam Li Falah adalah khusus jurnal ekonomi dan bisnis yang berbasis Islam. Perlu diketahui, dalam pengelolaan jurnal Li Falah, kami bekerjasama dengan asosiasi FEBI Indonesia,” ungkapnya, Jumat (26/4/2019).

Dia menjelaskan syarat untuk mendapat akreditasi jurnal diantaranya sirkulasinya harus full open juornal system (OJS). Dia OJS merupakan aplikasi yang disiapkan oleh Kemrisrek Dikti untuk menjaga proses dan verifikasi sebuah artikel yang layak muat atau tidak.

Pilkada

“Dengan demikian, maka setiap penulis atau author harus memiliki akun OJS untuk bisa mempublikasi hasil risetnya,” jelasnya.

Sodiman mengungkapkan pihaknya berupaya untuk meningkatkan akreditasi jurnal Li Falah kedepannya. Olehnya itu, pihaknya terus meningkatkan kemampuan pengelola, baik dengan mengikuti trainning maupun melalui diskusi dan sharing pengalaman dengan sesama pengelola jurnal.

“Kedepan kami berorientasi untuk menggunakan bahasa asing dalam Li Falah, entah itu Bahasa Inggris atau Bahasa Arab. Selain itu, kami juga akan memperbanyak indeksasi jurnal agar hasil riset dosen IAIN Kendari bisa diakses lebih luas,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.