Lanal-Join Kendari Bersinergi Perangi Hoaks

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (Join) Kendari, bersama Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Kendari melakukan pertemuan audiensi untuk memerangi peredaran informasi bohong (hoaks) yang kini menjamur di berbagai media sosial.

Danlanal menjelaskan, sinegritas antara pers dan AL merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk itu menurut Kolonel Laut (P) I Putu Darjatan, berita hoaks merupakan musuh yang harus diperangi bersama demi menciptakan NKRI damai dan tidak mudah terprovokasi. Pihaknya juga siap bersinergi dengan media massa dalam memerangi hoaks.

“Memang kita tidak bisa pungkiri kalau media itu sangat berpengaruh, apalagi semua orang sudah bisa jadi jurnalis dengan hadirnya aplikasi seperti, Fecebook, WhatsApp, dan lain-lain, sehingga masyarakat juga bisa memberi informasi, tapi harus diingat juga bahwa janganlah kita menyebar hoaks,” jelasnya kepada SultraKini.Com saat ditemui di Mako Lanal Kendari, Selasa (25/9/2018).

Dalam menyampaikan informasi, danlanal bersedia memberikan akses tersebut sesuai prosedur demi menghasilkan pembaca cerdes.

“Saya percaya, kalian (jurnalis) bekerja secara profesional, kita siap membantu kawan-kawan,” lanjutnya.

Ketua DPD Join Kendari, Mirkas, mengucapkan rasa terimakasihnya atas respon positif danlanal memberikan ruang bagi wartawan untuk bersilaturahmi. Dia juga berharap, Join Kendari bisa mewarnai organisasi profesi wartawan untuk membentuk karakter pewarta yang berpegang pada kode etik.

“Sehingga berita-berita yang disuguhkan ke publik merupakan berita yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dalam artian informasi yang disajikan tidak terkandung unsur hoaks serta mengandung unsur SARA. Saya bersama Danlanal Kendari siap memerangi berita hoaks,” ucapnya.

Join Kendari merupakan organisasi yang baru di Kota Kendari dan rencananya akan menggelar pengukukan sekaligus rakerda pada 11 Oktober 2018 dengan menghadirkan Sekjen DPP Join dan mitramedia yang tergabung dalam organisasi tersebut.

Laporan: Ifal Chandra
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.