Lanal Kendari Adakan Lomba Seni Suara Burung Berkicau

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari bakal menggelar Lomba Seni Suara Burung Berkicau pada 9 Agustus 2020. Ajang ini sebagai bentuk pelestarian dan dukungan positif terhadap komunitas pecinta burung berkicau di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Lomba Seni Suara Burung Berkicau akan menjadi momen unjuk kemampuan bagi pecinta burung kicau di “Bumi Anoa”. Pasalnya, ini akan menjadi agenda rutin dalam memperebutkan piala bergilir Danlanal Cup I.

Dalam lomba itu, Lanal Kendari mengandeng sejumlah komunitas Federasi Burung Indonesia (FBI) dan Kicau Mania Kendari (KMK). Lanal juga akan memastikan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi acara kawasan perumahan Citra Land Kendari.

Komandan Lanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sri Mutia, mengatakan pelaksanaan lomba semata-mata sebagai ajang silaturahmi bagi pecinta burung berkicau di Sultra.

“Lanal ingin mewadahi mereka (pecinta burung kicau) ke event yang lebih besar, yakni Danlanal Cup pertama 2020. Lewat ini juga saya ingin terjalin silarutahmi antarpecinta suara burung berkicau di Sultra, Sulawesi ataupun nasional nantinya,” ujar Danlanal, Rabu (22/7/2020).

Awalnya Lomba Seni Suara Burung Berkicau dikemas sebagai event nasional. Hanya saja pandemi Covid-19 yang masih mewabah menjadikan kegiatan tersebut hanya mencakup Provinsi Sultra.

“Saya rencanakan ini jadi acara nasional. Teman-teman di Jawa sudah dihubungi. Termasuk yang di Kalimantan dan Sulsel. Mereka semua ingin hadir, tetapi karena Covid-19 mereka tidak bisa hadir dulu,” terangnya.

Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) 1998 itu memastikan pertandingan berjalan baik dengan menghadirkan dewan juri profesional dari Jawa.

“Di sini murni untuk mewadahi mereka. Jurinya kita datangkan dari Jawa. Ini untuk mengantisipasi jangan sampai kalau juri lokal yang ditunjuk nanti terjadi protes,” jelas Danlanal.

Pendaftaran peserta lomba dibuka sejak dua minggu dan pendaftaran masih dibuka sampai sekarang. Bahkan, peserta lomba nanti tidak hanya memperebutkan piala bergilir Danlanal Cup, tetapi akan mendapatkan uang pembinaan.

“Kami menyiapkan piala bergilir dan event-nya bukan hanya sekali. Saya merencanakan ini terlaksana di HUT TNI AL September nanti atau di Hari Armada 5 Desember. Saya berharap event ini menjadi event nasional seperti piala presiden yang bergengsi,” tambahnya.

Kabarnya untuk menyemarakkan kegiatan itu, pihak panitia menyediakan puluhan door prize menarik, seperti, kulkas, sepeda, TV, smartphone dan lainnya. Pertandingan akan berlangsung pada Minggu, 9 Agustus 2020. (C)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.