Lantai 2 Masjid Masiri Busel Rampung Hasil Program TMMD ke-106

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Konstruksi masjid Masiri di Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga kini memasuki hari ketujuh, Selasa (8/10/2019). Masjid berlantai dua ini merupakan program fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1413/Buton di Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara.

Nampak lantai dua masjid telah rampung dicor dan dindingnya terplester.

Dandim 1413/Buton Letkol Inf Arif Kurniawan melalui Koordinator TMMD ke-106 Busel, Peltu Anwar menjamin dengan kerja sama warga bersama personel TNI bisa merampungkan Masjid Masiri.

“Iya sudah rampung (cor dan dinding lantai 2), hari ini progresnya pembuatan mal dudukan kubah, acian dalam dan luar masjid, dan pemasangan batu bata bagian belakang masjid,” terang Anwar kepada Sultrakini.com, Selasa (8/10/2019).

(Baca juga: TMMD ke-106, Masyarakat dan TNI Gotong Royong Membangun Masjid di Masiri Busel)

Ditambahkan Ketua LPM dan Koordinator Masyarakat Pembangunan Masjid Masiri, La Ode Amsah, pembangunan masjid tersebut dilakukan masyarakat sejak September 2018. Namun tak kunjung rampung.

“Jadi memang lantai satu sudah dibangun, sekarang tinggal lanjutkan lantai duanya,” jelasnya.

Dikatakannya, masjid dibangun menggunakan material lokal, mislanya pasir dan batako yang dipesan dari Kota Baubau.

“Awalnya bahan-bahannya mau dipesan di Jakarta, tapi mungkin nanti kelamaan, sehingga bahannya dipesan di Baubau. Kita tragetnya selesai paling lama satu bulan, targetnya selesai itu tanggal 26 Oktober nanti,” tambahnya.

Kondisi Lantai 2 Masjid Masiri rampung pada hari ketujuh TMMD Busel. (Foto: Dok. Kodim 1413/BUTON)
Kondisi Lantai 2 Masjid Masiri rampung pada hari ketujuh TMMD Busel. (Foto: Dok. Kodim 1413/BUTON)

Rencana anggaran biaya (RAB) bangunan Masjid Masiri dengan jenis bangunan 2 lantai ini berkisar Rp 900 juta sementara untuk lantai dasar masjid berdasarkan RAB diperkirakan sudah terpakai sekitar Rp 200 juta. Sedangkan lantai dua berkisar Rp 700 juta.

“Jadi ada dua RAB yang dibuat, RAB awal hingga akhir pembangunan itu sekitar 900 juta sekian,” ujarnya.

“Kuba masjid sendiri bermotif warna-warni berbentuk persis seperti kuba di masjid yang baru dibangun di Kadolomoko,” sambungnya. (Adv)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.