Lantik Panwaslu Desa, Ketua Panwaslu Kecamatan Pasikolaga Tekankan Koordinasi

  • Bagikan
Panwaslu Kecamatan Pasikolaga saat mengambil sumpah janji para panwaslu desa yang dilantik. (Foto: Istimewa).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pasikolaga, Kabupaten Muna melantik para Panwaslu Desa se-Kecamatan Pasikolaga bertempat di Balai Desa Tampunabale, Jumat (13/3/2020). Panwaslu desa yang dilantik berdasarkan hasil penjaringan yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Pelantikan Panwaslu Desa dipimpin langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Pasikolaga, Basrin Toona, yang turut dihadiri segenap stake holder dan mitra kerja Panwaslu Kecamatan Pasikolaga.

Dalam sambutannya, Basrin Toona meminta panwaslu desa yang baru saja dilantik agar dapat menjalan tugasnya dengan baik, dengan menjunjung tinggi indepedensi, profesionaliatas dan yang lebih penting kerja ikhlas, sehingga pelaksaan Pilkada di Kabupaten Muna sukses.

“Apalagi, pemilihan Bupati Muna 2020 sebentar lagi akan dihelat, otomatis tantangan kerja kedepan akan menguji indepedensi kita sebagai lembaga pengawas pemilu,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya.

Selain itu, Basrin Toona menekankan agar para panwaslu desa memegang teguh janji atau sumpah yang sudah diucapkan dengan ditandai penandatanganan pakta integritas. Selanjutnya, Panwaslu Desa selalu berkoordinasi dengan para mitra kerja yang ada di wilayah masing-masing.

“Yang terpenting ikut aktif di masyarakat. Dan membantu apa yang menjadi kendala masyarakat terkait dengan kepemiluan. Agar partisipasih pemilih kedepannya diharapkan bisa aktif semua. Jadi peran ini juga yang perlu dilakukan bersama-sama,” jelasnya.

Sesuai moto kerja Bawaslu, bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakan keadilan Pemilu, Asrin mengajak seluruh masyarakat untuk menghindari yang namanya pelanggaran kepemiluan. Baik itu, money politik maupun pelanggaran lainnya.

“Karena kami sadari, pelanggaran pasti terjadi. Olehnya itu, ajakan ini untuk mewujudkan demokrasi yang jujur tanpa adanya money politik dan pelanggaran lainnya. Semua bisa kita ciptakan apabila kita tekankan dan menghindari namanya pelanggaran kepemiluan,” terangnya.

Asrin berharap kepada panwas desa untuk tetap proaktif dalam menjalankan tugasnya. Apabila menemukan pelanggaran di lapangan agar pangsung berkoordinasi langsung dengan pihak panwaslu kecamatan, dengan tujuan agar pelanggaran bisa ditindaki bersama.

“Semua yang kami lakukan ini, tidak lain untuk menjalankan fungsi sebagai penyelenggara pemilu dalam hal pengawasan. Jadi kinerja para panwaslu desa mentukan sukses dan tidaknya kita dalam bekerja,” tutupnya.

Diketahui, Nama-nama yang dilantik menjadi Panwas Desa di Kecamatan Pasikolaga diantaranya :

  • Marwati : Desa Lambelu
  • La Ode Alisran: Desa Mataindaha.
  • Asji Takasi : Desa Kolese
  • Aprianto Hisa Rahim : Desa Tampunabale.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan