Laut Buton Diguncang Gempa Bumi 4,2 SR

  • Bagikan
Peta pusat gempa oleh BMKG Kendari. (Foto: BMKG Kendari/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gempa tetonik berkekuatan 4,2 skala richter mengguncang Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Kamis (6/7/2017). Titik gempa berada di enam kilometer Timur Laut Buton dengan kedalaman 22 kilometer.

Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari mendata gempa terjadi pada pukul 19:54:51 Wita dengan episenter pada koordinat 5.29 LS-123.04 BT. Peta goncangan menunjukkan dampak gempa berupa goncangan kuat dirasakan di Kecamatan Kapontori, Buton dalam skala intensitas II SIG-BMKG. Di wilayah ini dilaporkan goncangan gempa banyak dirasakan warga setempat. Hingga laporan tersebut disusun pada pukul 21.00 Wita, BMKG mendata belum ada aktivitas gempa susulan.

“Gempa juga tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kendari, Rosa Amelia, S.Si melalui sambungan WhatsApp.

Pihaknya juga belum mendapatkan laporan terjadinya kerusakan akibat insiden tersebut. Untuk itu, warga setempat dihimbau tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

  • Bagikan