Layanan 5G Bakal Masuk di Indonesia pada 2022

SULTRAKINI.COM: Teknologi jaringan seluler generasi kelima (5G) akan masuk ke Indonesia pada 2022. Hal ini menempatkan Indonesia pada urutan keempat sebagai negara Asean tercepat yang akan melakukan penetrasi teknologi 5G.

Layanan 5G selambat-lambatnya digelar di Indonesia pada 2022. Uji coba jaringan 5G ini dilakukan sejak 2017 oleh operator seluler di Indonesia. Meskipun layanan tersebut kebanyakan diarahkan kepada pengguna industri daripada pengguna komersial.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Ririek Adriansyah, mengatakan Indonesia memiliki karakteristik konsumen yang berbeda dengan Korea Selatan dan Cina yang lebih dulu memasarkan data internet 5G secara komersial pada tahun ini. Karena permintaan pasar yang tinggi, kedua negara itu menjual layanan 5G dengan volume tinggi seperti 4G.

“Konsumen kita belum di level itu,” ujar Ririek ketika diskusi Embarking 5G, A Pursuit to Digital Destiny di Jakarta, Rabu (27 November 2019).

yamaha

Menurut ATSI, jika 5G di Indonesia dikonsumsi pada level business to business atau industri akan tepat sasaran, seperti yang selama ini juga di harapkan oleh pemerintah.

Teknologi 5G dapat membuat peluang bisnis baru untuk operator seluler, penyedia platform maupun pelaku usaha lainnya karena teknologi 5G memungkinkan aplikasi-aplikasi baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan layanan yang lebih baik daripada jaringan seluler 4G dapat. ATSI pun meyakini jaringan 5G akan sejalan dengan industri 4.0.

Agar jaringan 5G dapat digelar pada 2022, ATSI mengharapkan lelang frekuensi dapat dilaksanakan pada tahun depan.

Dari berbagai sumber
Laporan: Murni Tia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.