Iklan Clarion

Lelang Jabatan Sekda Buton, La Ode Rafiun: Naif Kalau Sekda dari Pim III

SULTRAKINI.COM: BUTON – Polemik lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Buton, Sulawesi Tenggara yang dianggap tidak transparan, khususnya pengumuman hasil lelang tersebut membuat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, La Ode Rafiun angkat bicara. Menurutnya, sangat naif jika yang menjadi Sekda nanti adalah yang memiliki sertifikat Diklatpim III.

“Kan ada yang punya Diklatpim III, jadi sangat naif kalau nantinya pemerintah provinsi ataupun pusat meloloskan Pim III, karena ada dua orang yang memiliki Diklatpim II sesuai ketentuan,” kata La Ode Rafiun saat dikonfirmasi, Senin (8/1/2018).

Meski begitu, Rafiun menganggap proses seleksi yang dilakukan panitia seleksi (Pansel) sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Walaupun disitu ada kebijakan yang dilakukan seperti halnya peserta harus memiliki sertifikat Diklatpim II dan harus menduduki jabatan eselon II B selama lima tahun.

“Semua peserta sudah memenuhi syarat, kendati ada peraturan yang dilunakan seperti rekam jejak jabatan yang harus lima tahun dan sertifikat Diklatpim,” ujarnya.

Mengenai belum diumumkannya hasil seleksi lelang itu dari yang lolos sebanyak lima orang ke tiga besar, sangat disayangkan olehnya. Untuk itu pihaknya nanti akan mengkoordinasikan hal itu kepada pansel karena dalam hal ini tidak perlu ditutupi.

Baca Juga

“Kita akan desak, kalau memang yang tiga ini belum diumumkan, karena ini tidak boleh ditutupi,” kata Rafiun.

Soal apakah dengan belum diumumkannya atau sesuai dengan atutan ASN mengenai peserta yang diloloskan tersebut? Rafiun mengaku belum mendapatkan ketimpangan itu, dikarenakan selama ini dirinya beranggapan bahwa sudah sesuai dengan tahapan.

“Kita baru mengetahui kalau ada masalah, karena selama ini yang kita tahu sudah berjalan sesuai tahapannya. Kita akan coba klarifikasi dengan pansel, kalaupun itu benturannya ada sama provinsi nanti kita akan coba klarifikasi di sana,” jelasnya.

Laporan: La Ode Ali

Komentar
Loading...