Lelang Proyek Bendungan Ladongi Sarat Permainan, Pemenang Tender Diganti Tanpa Konfirmasi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Barisan Aktifis Keadilan (Bakin) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan unjuk rasa di Kantor Dewan Perwkilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Kantor Balai Wilayah Sungai (BMW) Sulawesi IV Kendari, Senin (15/3/2021).

Mereka menuntut adanya pembatalan kontrak dan pengalihan kerja sama pada proyek pembangunan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur yang merugikan pihak PT Latebe Putra Group (LPG).

Awalnya lelang proyek senilai Rp38 miliar tersebut dimenangkan oleh PT Latebe Putra Group (LPG) pada 21 Februari 2021 lalu, namun secara tiba-tiba dialihkan ke PT Aneka Jaya Solusi (AJS). 

“PT LPG pemenang tender. Mereka tidak pernah menandatangani pembatalan kontrak tersebut,” ujar Ketua Bakin Sultra, La Munduru.

Dikatakannya, pembatalan dan pengalihan proyek tersebut tanpa sepengetahuan PT LPG sendiri. Sehingga, Bakin Sultra menduga, pengalihan proyek tersebut ada permainan di dalamnya.

“Seharusnya sebelum dialihkan harus ada konfirmasi terlebih dahulu ke PT LPG sebagai pemenang lelang. Jangan sampai ada permainan didalamnya,” tegas La Munduru.

Sementara itu, PPK Bendungan 1, SNVT Pembangunan Bendungan BWS Sulawesi IV, Iping Mariandana berdalih, pembatalan dilakukan karena dokumen PT LPG yang diterima oleh PPK dari Pokja ditemuan tidak sesuai yang diharapkan alias cacat.

“Kalau pemenang tender tidak memenuhi kualifikasi, maka proyek akan kami berikan kepada perusahaan lain yang berstatus cadangan 1 dan cadangan 2,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Sultra, Suwandi Andi yang menerima massa aksi mengatakan, pihaknya bakal memanggil pihak-pihak terkait untuk memberikan klarifikasi dalam rapat dengar pendapat (RDP) yang akan dilakukan beberapa hari ke depan.

“Kita akan gelar RDP Minggu depan. Untuk Bakin Sultra sendiri tolong kumpulkan bukti-buktinya untuk disampaikan nanti,” pungkasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.