Iklan Clarion

Lestarikan Budaya, Pemda Buton Gandeng UMB

SULTRAKINI.COM: BUTON – Untuk melestarikan serta mengembangkan budaya di Kabupaten Buton, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bakal menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Buton (UMB).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Zainudin Napa, pada SULTRAKINI.COM, Rabu (9/11/2016) mengatakan, salah satu tujuan kerjasama ini untuk merancang pelestarian budaya sebagai pedoman dalam pelestarian dan pengembangan budaya.

“Sebab selama ini kita tidak punya pedoman untuk kita mulai dari mana, sehingga harus ada target dan penyusunan perencanaannya,” kata Zainudin Napa.

Nantinya, lanjut dia, penyusunan perencanaan tersebut akan berlaku lima tahun, mulai 2016 hingga 2021 mendatang. Dengan begitu, target Pemda Buton kedepan baik yang dilakukan dalam bentuk fisik maupun non fisik bisa terlaksana dengan baik.

“Contonya didalam target fisik kita itu adalah pemeliharaan rehabilitasi benteng, yang selama ini kita tidak miliki, sehingga dengan adanya rancangan penyusunan pelestarian kebudayaan, maka dipastikan kita akan mendapatkan angaran dari pusat yaitu melalui kementerian pariwisata,” terangnya.

Ditambahkan, mengingat nantinya dinas yang dipimpinnya akan terbagi dua yaitu Dinas Pengembangan Situs Budaya dan Dinas Pengembangan Kesenian, maka sebelum itu terjadi, pihaknya terlebih dahulu melakukan perencanaan atau dasar hukum pelestarian budaya tersebut.

“Untuk pariwisata yang kita kembangkan yaitu masalah destinasi atau kunjungan. Sehingga bagaimana kita buat Buton ini menjadi daya tarik wisata, agar wisatawan lokal maupun mancanegara dapat berkunjung kesini,” pungkasnya. 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.