Lima Buah Ini Baik bagi Kesehatan Dimakan dengan Kulitnya

  • Bagikan
Lima kulit buah punya manfaat bagi kesehatan tubuh(Foto:Merdeka.com)
Lima kulit buah punya manfaat bagi kesehatan tubuh(Foto:Merdeka.com)

SULTRAKINI.COM: Buah memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Umumnya sejumlah orang akan mengupas buah tertentu sebelum dimakan. Padahal kulit buah tersebut justru kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ada buah tertentu yang langsung dimakan tanpa di buang kulitnya, dan mempunyai beragam manfaat mencegah penyakit kanker serta mengobati penyakit lainnya.

1. Buah apel

Buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Aapel lebih banyak manfaatnya bila dikonsumsi dengan kulitnya. Sebab kulit apel mengandung kalsium, vitamin A, antioksidan, serta mengandung zat pelawan kanker phytochemicals.

Sifat antioksidan kulit apel membantu melawan penyakit Alzheimer dan masalah degeneratif lainnya.
Kulit apel juga kandungan serat yang berguna bagi pencernaan dan kandungan senyawa yang disebut triterpenoids, yang menurunkan risiko kanker.

2. Sawo

Buah sawo mengandung vitamin dan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan. Manfaat yang dirasa dapat memperbaiki sistem pencernaan karena diperkaya dengan kalium.

Selain kalium, zat lain yang terkandung dalam sawo ialah zat besi, folat, dan asam pantotenat yang baik bagi tubuh. Jadi lebih baik Anda memilikinya tanpa mengupas kulit.

3. Buah pir

Buah ini nikmat dimakan. Banyak orang yang membuang kulitnya dan memakan buahnya saja.
Jika anda mengupas kulitnya, justru akan kehilangan serat dan nutrisinya. Kulit buah ini penuh dengan nutrisi yang berharga.

Kandungan serat lebih banyak di kulit dibandingkan daging buahnya. Kulitnya mengandung fitonutrien, antioksidan, dan anti-inflamasi yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya tidak mengupas kulitnya agar kandungan kulit buah tersebut bermanfaat bagi tubuh.

4. Plum

Buah plum juga mengandung antioksidan yang disebut asam klorogenat. Selain itu, buah ini mengandung sumber vitamin-C yang baik. Plum sangat bagus untuk menghilangkan sembelit serta masalah pencernaan jika dimakan dengan kulitnya.

5. Jambu biji

Sebagian orang tidak mengetahui manfaat kulit jambu biji walaupun langsung dikonsumsi dengan kulitnya. Ternyata kulit jambu biji sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Medical Research menyebutkan bahwa mengkonsumsi jambu biji segar bersama kulitnya dapat mengurangi tingkat trigliserida serum, mengurangi kelainan lipid umum terkait dengan diabetes seperti hipertrigliseridemia (jenis lemak yang terdapat dalam darah) dan hiperkolesterolemia (tingginya kadar kolesterol dalam darah).

Hipertrigliseridemia sering menyebabkan komplikasi seperti resistensi insulin, hiperinsulinemia dan intoleransi glukosa dapat mempersulit diabetes. Mengkonsumsi jambu biji dengan kulitnya sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Selain itu, kulit jambu biji mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada penderita diabetes.

Sumber: Liputan6.com dan Merdeka.com

Laporan: Yuti Sandra J

  • Bagikan