Lima Cara Alami Mengatasi Flu

  • Bagikan
LIma Cara Alami Mengatasi Flu (Foto: DetikHealth.com)
LIma Cara Alami Mengatasi Flu (Foto: DetikHealth.com)

SULTRAKINI.COM: Perubahan cuaca silih berganti. Ketika siang hari akan terasa panas karena terik matahari. Namun tiba-tiba saja dingin dikarenakan hujan. Cuaca tersebut membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Di cuaca seperti itu, tubuh terpaksa beradaptasi dengan perubahan cuaca. Jika sistem kekebalan tubuh menurun. Tubuh mudah terinfeksi virus sehingga menimbulkan penyakit, seperti flu.

Sebagian orang gejala flu dianggap sepele, tetapi penyakit itu membuat aktivitas sehari-hari terganggu mulai dari sakit kepala, hidung mengeluarkan lendir secara terus-menerus, batuk, dan demam.

Agar terhindari dari flu dan tidak tambah parah. Berikut sejumlah cara alami untuk mengatasinya.

1. Perbanyak asupan cairan

Pertama yang perlu dilakukan ialah memastikan tubuh beristirahat. Perbanyak minum air putih agar sistem pernapasan tidak dehidrasi. Lendir yang awalnya kental akan sedikit mencair sehingga mudah dikeluarkan.

2. Mandi air hangat

Mandi tetap disarankan bagi yang terkena gejala flu. Dianjurkan lebih baik mandi dengan air hangat.

Agar semakin berkhasiat, tak ada salahnya menambahkan minyak esensial seperti tea tree, rosemary, timi, jeruk, lavender, atau eucalyptus. Saat aromanya terhirup, pernapasan semakin lega.

3. Minum jahe

Selain menghangatkan tubuh dengan mandi air hangat, bisa juga mengkonsumsi air jahe. Hal ini menimbulkan rasa hangat dari dalam tubuh.

Jahe merupakan relaksan otot. Untuk gejala flu yang disertai batuk, jahe ampuh mengurangi rasa sakit akibat otot yang menegang. Selain itu jahe mampu meningkatkan sistem imun, batuk akan berkurang, dan pernapasan akan lega.

4. Manfaatkan madu

Madu memiliki khasiat antibakteri dan antimikrobial. Minum teh, lemon, dan madu dapat meredakan rasa sakit di tenggorokan. Peneliti menyebut bahwa madu efektif mengurasi gejala batuk. Dalam sebuah studi berbeda, peneliti menemukan bahwa memberikan anak 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi frekuensi batuk.

5. Konsumsi sumber vitamin C

Vitamin C berperan penting untuk tubuh. Vitamin C mampu mengurangi dahak saat mengalami gejala batuk. Selain itu, mampu meningkatkan sistem imun. Vitamin ini banyak terdapat pada jeruk, anggur, sayuran hijau, serta jenis makanan lain.

Sumber: Cnnindonesia.com

Laporan: Yuti Sandra J.

  • Bagikan