Lokasi Tanah Gusuran Pasar Panjang Bonggoeya Kembali Dibangun?

  • Bagikan
Sejumlah los pasar kembali didirikan di atas lahan penggusuran bekas pedagang yang telah direlokasi ke Pasar Baru. Tepatnya arah masuk pasar Jalan Sorumba, Kelurahan Bonggoeya. (Foto: Sulham Tepamba/S

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pasar Panjang Bonggoeya kembali dimanfaatkan sebagai lokasi menjual untuk para pedagang. Tiang-tiang kayu mulai berdiri di atas lahan penggusuran bekas los pedagang yang direlokasi pemerintah Kota Kendari.

Misalnya Agus, Seorang yang dipercayakan oleh salah seorang pegawai pemerintah kota untuk menjaga bangunan sebanyak 10 los di atas lahan miliknya. Bangunan nantinya akan dikontrakkan seharga Rp 8,5 juta per tahun tipe 3×5 meter persegi.

“Los ini sudah terkontrak enam los sisa empat yang masih kosong hampir tiap harinya ada yang datang tanyakan,” jelas Agus kepada SultraKini.Com, Jumat (21/04/2017).

Ada juga Pedagang yang sudah menempati lokasi los pasar panjang bernama Tini (42). Ia mendagangkan beras dan membangun rumah tepat di belakang kiosnya. Pernah dirinya di datangi oleh petugas Satuan Pamong Praja (Satpol PP), namun tidak dilakukan penggusuran dikarenakan lokasi tersebut merupakan lahan milik sendiri. Menurutnya, lahan yang digunakannya dulu ditempati pedagang Pasar Baru yang direlokasi oleh pemerintah.

“Saya pemilik lahan sendiri,” katanya.

  • Bagikan