Lomba Panjat Pinang di Laut Meriahkan Wakatobi Wave 2018

  • Bagikan
Suasana saat lomba panjat pinang berlangsung (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Suasana saat lomba panjat pinang berlangsung (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Mendengar panjat pinang sudah tak asing bagi kita, namum ada yang menarik dalam lomba panjat pinang Wakatobi karena digelar di atas laut.

Lomba panjat pinang yang dilaksanakan di area bay pas, Kecamatan Wangi-wangi pada Selasa (13/11/2018)
ini, dibagi menjadi tiga kategori yaitu untuk kategori SMA/umum berjumlah 27 grup, tingkat SMP berjumlah 17 grup, dan tingkat SD berjumlah 15 grup.

Untuk kategori SMA/umum panitia menyiapkan dua pohon pinang, sedangkan untuk tingkat SMP dan SD masing-masing di siapkan satu pohon. Dalam satu grup, diberikan waktu selama 10 menit untuk memanjat pohon pinang.

Salah seorang panitia lomba panjat pinang, Samran mengatakan lomba panjat pinang tersebut merupakan rangkaian kegiatan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) 2018, yang mulai dilaksanakan pada tanggal 11-13 November 2018.

“Kegiatan ini selalu dilakukan dalam kegiatan Wakatobi Wave,” kata Samran saat diwawancarai di lokasi lomba.

Tujuan dilaksanakan lomba tersebut, kata Samran untuk meningkatkan tali silatuhrami masyarakat Wakatobi.

“Apa lagi Wakatobi merupakan Kabupaten martin, sehingga setiap kegiatan harus dilaksanakan laut.” ujarnya

Kegiatan yang dibuka oleh Sekda Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu ini disponsori oleh Pemda Wakatobi dan beberapa bank di Wakatobi. Jumlah hadiah terbanyak yaitu berupa Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas) berjumlah Rp.1 juta.

Untuk mencegah agar hadiahnya tidak basa terendam air laut, maka panitia menulis sejumlah hadiah di kertas yang diisi dikantong plastik, setelah mendapatkannya peserta akan menukar kertas tersebut dengan uang di panitia.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan