Longsor RSUD Konkep Karena Salah Desain?

  • Bagikan
Sisa longsor tanah yang menimbul konstruksi RSUD Konawe Kepulauan. (Foto: Kalvin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI. COM: KONAWE KEPULAUAN – Proses pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe Kepulauan, menuai tanda tanya besar. Pasalnya bangunan yang menelan anggaran lebih dari Rp 13 miliar ini rusak terkena longsor. Belum lagi persoalan lokasi pembangunan mendapat penolakan warga pemilik lahan, masyarakat melakukan protes karena ganti rugi lahan belum direalisasi pemerintah, Selasa (6/6/2017).

Ketua Aliansi Masyarakat Wawonii, Husain Mahalik menilai dengan tertimbunnya bangunan akibat longsor, maka menimbulkan pertanyaan besar terhadap perencanaan awal lokasi pembangunan. Mulai dari desain bangunan, kontraktor pengemban sampai instansi terkait dalam hal ini dinas kesehatan.

“Bangunan yang baru berumur bulanan ini sudah mendapat bencana alam. Kalau perencanaan dan aksi pembangunannya bagus, maka bencana dahsyat tidak akan menimpanya,” katanya. 

Pihak DPRD Konawe Kepulauan sepantasnya menjalankan fungsi pengawasannya. Buktikan dengan cara konkrit guna menjawab teka teki rusaknya bangunan fital tersebut. 

Sementara itu Koordinator Pusat Kajian Hukum Anti Korupsi (Pukhas)  Konawe Kepulauan, Risman mengungkapkan lokasi pembangunan sudah salah. Termasuk mengkaji letak bangunan berada di kawasan hutan atau tidak. Serta mengelesaikan ganti rugi lahan warga setempat.

“Coba lihat bangunan rumah sakit hanya bisa dikerja 80 persen, lokasi lahan belum beres. Kemudian saat ini bangunannya sudah ditelan longsor. Ini artinya ada kesalahan desain sehingga merugikan keuangan negara serta masyarakat. Kami minta penegak hukum bisa menyelesaikan perkara ini,” ucap Risman.


Laporan: Kalvin

  • Bagikan