Luncurkan Aplikasi Sister, Akses Data IAIN Kendari Jadi Lebih Efisien

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Kendari mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (Sister). Aplikasi tersebut berfungsi mensinkronisasi data dan pelaksanaan kegiatan tridharma dosen di lingkungan IAIN Kendari.

Kepala UPT TIPD IAIN Kendari, Tommy Irawan Patra, menjelaskan aplikasi Sister dikembangkan dengan dasar pertimbangan untuk memudahkan penginputan dan akses data dosen. Pasalnya, data pada aplikasi Sister terintegrasi dengan data pada laman resmi Forlap Dikti.

“Selama ini penginputan data-data dosen masih dilakukan secara terpisah, yaitu pada aplikasi Simpeg maupun Forlap Dikti. Aplikasi ini kami kembangkan guna menyatukan proses penginputan sehingga lebih ringkas dan efisien,” ucap Tommy, Selasa (17/12/2019).

Aplikasi tersebut juga akan semakin memudahkan tim akreditasi untuk mengumpulkan data yang diperlukan saat pengisian borang akreditasi. Alasannya karena informasi di apliaksi ini bisa diakses setiap saat ketika ada data yang dibutuhkan.

yamaha

“Kami berharap aplikasi sister yang kami kembangkan ini bisa segera diterapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala LPPM IAIN Kendari, Abdul Kadir, mengatakan kehadiran aplikasi Sister memudahkan pihaknya dalam pencarian infromasi dan database penelitian dan publikasi ilmiah. Mulai dari penelitian yang dibiayai oleh APBN, DIPA IAIN Kendari, maupun mandiri. Apalagi aplikasi ini telah disinkronisasi dengan data publikasi ilmiah pada beberapa laman publikasi ilmiah seperti google scholar.

“Untuk memaksimalkan pemanfaatan dan penyempurnaan aplikasi, LPPM IAIN Kendari telah melaksanakan Focused Group Discussion Baseline Data Penelitian (3/12) yang diikuti oleh para dosen perwakilan fakultas dan pascasarjana,” tambahnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.