Festival Pesona Budaya Tua Buton

Mahasiswa PPL USN Kolaka Dituntut Terapkan Metode Pembelajaran IT

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Sebanyak 208 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka akan melaksanakan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) di 23 sekolah di Kabupaten Kolaka dan dua sekolah di kabupaten Bombana.

208 mahasiswa yang terdiri dari 67 orang Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 87 Pendidikan Bahasa Inggris dan 54 Pendidikan Matematika akan mulai praktik pada 22 Februari 2019 besok sampai 40 hari ke depan.

‌Wakil Rektor I USN Kolaka, Ruslin Hadanu, menekankan untuk menggunakan media audio visual yang Berbasis IT dalam pembuatan rancangan perangkat pembelajaran (RPP) agar menunjang proses transfer ilmu yang lebih efisien.

‌”Era milenial seperti sekarang kita tidak hanya dituntut untuk sekedar mempelajari IT, tetapi bagaimana kita menerapkannya, contoh dalam mengajar dijadikan sebagai tools pembelajaran dalam menunjang transfer ilmu yang lebih efisien,” ucap Ruslin aat membuka acara pembekalan PPL di Auditorium USN, Kamis (21/2/2019).

Ruslin berpesan, agar mahasiswa tidak hanya sekedar menjadi pengajar tetapi menjadi pendidik yang cerdas dalam mengajarkan ilmu pengetahuan.

“Bawalah diri kalian nanti ke sekolah sebagai sosok pendidik yang kokoh, karena pengajar beda dengan pendidik, kalau pengajar transfer knowledge, tetapi pendidik bagaimana membelajarkan siswa, dia harus mengalami suatu pengalaman belajar, pengalaman siswa itu lah menjadi bekal untuk menempuh tingkatan-tingkatan selanjutnya,” tuturnya.

Dekan FKIP, Nur Ikhsan, menyampaikan saat PPL mahasiswa harus menyesuaikan dengan kurikulum tahun 2013 yang ada di sekolah SMK maupun SMA dengan RPP yang sesuai dengan kebutuhan sekolah.

“Peserta PPL memang harus membekali dirinya baik secara administrasi maupun ilmu pengetahuan yang cukup, untuk mampu mengajar dengan metode K13 itu,” ucapnya.

Laporan: Zulfikar
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.