Iklan Clarion

Mahasiswa Rantau di USN Kolaka dapat Akses Buat Surat Pindah Memilih

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Bagi mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka ber-Kartu Tanda Penduduk (KTP) di luar daerah, tak perlu repot-repot pulang kampung saat pemungutan suara pada pemilu April 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memfasilitasi mahasiswa rantau tetap bisa menyalurkan hak pilihnya di Kolaka.

Mahasiswa rantau di Kabupaten Kolaka diharuskan mengurus formulir A5 atau surat pindah memilih sebelum hari pemungutan suara. KPU telah mempermudahnya dengan membuka posko pelayanan di kawasan USN Kolaka.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Dijelaskan Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kampus sehubungan maksud tersebut. Nantinya, mahasiswa tinggal mendatangi posko dengan membawa KTP.

Misalnya, mahasiswa bersangkutan ber-KTP elektornik di Kabupaten Kolaka Utara. KPU Sultra akan berkoordinasi dengan wilayah tersebut supaya pemilih tadi ditandai dalam Daftar Pemilih Tetap Kolaka Utara, sebab pihaknya akan menerbitkan surat pindah memilih di Kolaka.

“Dibolehkan membuka posko di lingkungan kampus. Jadi kita akan buka desk dengan peralatan terkoneksi internet. Mahasiswa nanti cukup serahkan KTP, kita akan cek terdaftar dimana,” terang Iwan Rompo, Jumat (15/2/2019).

Rektor USN Kolaka, Azhari melalui Wakil Rektor III, Achmad Lamo, mengatakan apesiasi atas upaya KPU Sultra memberikan akses bagi pemilih rantau. Menurutnya, banyak mahasiswa USN berasal dari luar Kolaka.

“Saya kira ini sangat bagus, mahasiswa juga tidak meninggalkan kuliah pada saat hari H pemilihan nanti,” ucap Achmad Lamo usai menerima kunjungan Iwan Rompo.

Langkah KPU Sultra membuka posko pelayanan A5 juga dilakukan di kampus lainnya di Provinsi Sultra. Khususnya kampus dengan jumlah mahasiswa perantau terbanyak. Tujuannya, meminimalisir golput saat pemungutan suara.

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.