Iklan Clarion

Mahasiswa UHO akan KKN di Tiga Kabupaten

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) sasar tiga kabupaten sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata. Diagendakan, keberangkatan 2.097 mahasiswa menyesuaikan lokasi KKN masing-masing.

Lokasi KKN UHO di Kabupaten Buton Utara diagendakan berangkat pada 19 Januari, Kabupaten Muna Barat 20 Januari malam, dan Kabupaten Muna pada 21 Januari malam mahasiswa.

Ketua Panitia KKN UHO, Syahbudin, menerangkan selama mengikuti KKN-mahasiswa ditekankan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat serta mendukung program Pemda setempat.

Program yang dimaksud berkaitan dengan fokus program dicanangkan setiap daerah, yakni Buton Utara program pertanian organik, Muna Barat bidang pertanian dan perikanan, serta Muna program pariwisata.

“Kami berharap, mahasiswa KKN memberi motivasi kepada masyarakat mendukung program yang dicanangkan pemerintah daerah,” ujar Syahbudin ditemui di sela-sela pembekalan mahasiswa, Senin (14/1/2019).

Rektor UHO, Muh. Zamrun juga berharap, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya yang diperoleh selama di bangku perkuliahan. Salah satunya, kemampuan berinteraksi dengan masyarakat dan mengedukasi ilmu pengetahuan yang belum dimiliki atau diterapkan di wilayah KKN.

“Kehadiran mahasiswa di lokasi KKN dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat. Kami juga berharap, mahasiswa menjaga citra dan nama baik almamater,” ucap Zamrun.

Secara terpisah, Wakil Bimas Polda Sultra, AKBP Arief Gunawan, menyampaikan pihaknya akan mendampingi pelaksanaan KKN sesuai nota kesepahaman antara Polda Sultra dengan UHO.

Bentuk konkretnya, Polda akan memberdayakan Babinkamtibmas dari Polres Muna utamanya di Buton Utara, Muna Barat, dan Muna.

“Mereka diharapkan terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan, seperti penyuluhan narkoba, bela negara, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Babinkamtibmas dan mahasiswa KKN harus saling berinergi sekaligus menjaga keamanan mahasiswa selama KKN yang terbagi di desa-desa,” jelasnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.