Mahasiswa UMK KKA-PPL di Thailand

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 15 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) mengikuti kuliah kerja amaliah (KKA) dan praktek pengalaman lapangan (PPL) Internasional di Provinsi Songkhla, Thailand Selatan sejak 6 Juli sampai 1 Agustus 2017.

Kehadiran mereka tidak hanya mengajar Bahasa Inggris di sekolah, namun ikut mengajar mengaji bagi anak-anak muslim di lokasi tersebut.

Praktek di luar negeri merupakan kali pertama dilakukan pihak kampus. Sehingga tidak sebatas membawa nama UMK, tetapi membawa nama Indonesia.

“Pagi hari mahasiswa KKA UMK melaksakan kegiatan PPL, kemudian di sore harinya mereka akan melakukan kegiatan kemasyarakatan, termasuk ba’da Magrib mereka membina TPA, mengajari anak-anak mengaji di sana,” terang Rektor UMK, Muhammad Nur, Selasa (4/7/2017).

yamaha

Terkait pembekalan 15 mahasiswa tersebut, pihak UMK telah melakukan bimbingan berupa gambaran kehidupan masyarakat termasuk budaya Songkhla yang dinilai dapat membantu menyusun program kerja lapangan selama masa praktek.

Ditambahkan Ketua Lembaga Kerja Sama Nasional dan Internasional UMK, Muhammad Anas, KKA-PPL di Provinsi Songkhla juga bagian dari realisasi Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Majelis Dikti PP Muhammadiyah dengan Integrated Islamic School Network. Saat ini baru Prodi Bahasa Inggris yang dilibatkan dalam kesempatan itu. Sedangkan untuk kedepannya akan ada prodi lainnya dengan tujuan praktek lapangan di luar negeri.

“Melalui MoU ini Perguruan Tinggi Muhammadiyah  di Indonesia bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengirim mahasiswanya dalam melaksanakan kegiatan seperti KKA-PPL Internasional,” jelas Anas.

Laporan: Firmansyah Asapa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.