SULTRAKINI.COM: Membiarkan perut kosong saat akan memulai olahraga bisa menimbulkan masalah buruk untuk kesehatan. Kebanyakan pelatih gym pada kenyataannya, menganjurkan bahwa sebaiknya sebelum menjalani olahraga tetap mengonsumsi makanan kecil.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga
Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Saat melakukan olahraga, tubuh sangat membutuhkan energi, apalagi saat jenis olahraga yang Anda lakukan adalah olahraga yang berat. Dan untuk memenuhi kebutuhan energi yang optimal Anda butuh makan sebelumnya. Dengan makan maka asupan energi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga Anda siap dan bersemangat melakukan olahraga.

Makan sebelum melakukan olahraga adalah sebuah usaha untuk mendapatkan tambahan energi sehingga mampu berolahraga dengan baik. Akan tetapi, tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat hendak melakukan olahraga.

Seperti dilansir Times Of India, berikut rekomendasi makanan yang bisa menjadi pilihan, sebelulum memulai olahraga:

Pisang

Dikenal sebagai “pembangkit tenaga alami”, pisang memberikan kekuatan dari karbohidrat yang membuat Anda bisa melalui latihan dengan mudah. Buah ini juga kaya akan kalium, yang juga membantu memperbaiki otot setelah berolahraga.

Granola dan gandum

Oats memberikan sumber energi terbaik dan dapat membuat Anda tetap bertahan dengan baik, baik di tempat kerja, berlari atau di gym. Makanan ini juga mengandung serat dan protein yang tentunya baik untuk tubuh.

Putih telur

Telah sejak lama diketahui bahwa telur juga memiliki kandungan karbohidrat. Putih telur juga memiliki kalium, magnesium, kalsium serta vitamin seperti riboflavin dan selenium. Setiap satu butir putih telur mengandung sekitar lima gram protein, tanpa lemak.

Buah kering

Setengah cangkir buah kering yang dijadikan camilan juga mampu meningkatkan tenaga dengan cepat. Makanan ini biasa dijadikan bekal untuk mereka yang sering bepergian jauh. Berries dan kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat sederhana yang mampu memberikan asupan energi. Makanan ini juga memiliki serat tinggi seperti pistachio, almond dan kismis.

Air Kelapa

Ini mungkin bukanlah makanan padat, tetapi air kelapa disebut memiliki kandungan super yang sangat berguna bagi tubuh. Air kelapa memiliki elektrolit dan potassium yang juga bisa membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Anda juga dapat menggunakannya sebagai bahan dasar untuk Smoothie.

Biji Gandum

Telah sejak lama gandum diketahui penuh dengan karbohidrat dan protein yang membantu tubuh merasa kenyang. Makanan ini juga meningkatkan energi ketika berolahraga. Untuk variasi yang lebih menarik, Anda bisa memasak secangkir biji gandum ini dengan sayuran pilihan.


Sumber: Viva.co.id

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations