Makanan yang Bikin Tak Gampang Lapar Saat Puasa

SULTRAKINI.COM:Puasa atau menahan dari makan dan minum kadang membuat tubuh lemas. Ada juga yang baru setengah hari sudah lapar lagi. Padahal saat sahur, rasanya makan sudah dengan porsi ‘double’ demi bisa bertahan seharian.

Lemas dan lesu ini terasa sangat parah di awal masa puasa. Dikutip dari Hello Sehat, kondisi lemas di awal puasa ini terjadi karena tubuh selama berjam-jam tak mendapatkan zat gizi setelah sahur. Energi tubuh diperoleh dari asupan karbohidrat yang diubah menjadi gula. Gula inilah yang diolah menjadi ‘bahan bakar’ tubuh untuk beraktivitas.

Menurut pakar sistem endokrin dan metabolisme dokter David McCulloh, sumber energi hanya bertahan beberapa jam setelah makan. Maka wajar jika mulai siang tubuh terasa lemas karena kehilangan energi. 

Kendati demikian, tubuh mampu melakukan penyesuaian terhadap perubahan pola makan selama puasa. Tubuh tidak akan mendapat asupan karbohidrat hingga tiba saatnya berbuka. Tubuh menyesuaikan diri dengan menyimpan gula dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika gula biasanya langsung dibakar menjadi energi, saat puasa tubuh akan membakar gula pelan-pelan. 

Penyesuaian ini perlu waktu. Maka biasanya orang mulai terbiasa dengan puasa setelah seminggu menjalani. Namun, ada kiat-kiat khusus untuk mengatasi rasa lemas selama masa awal puasa. Kuncinya tentu saja kecukupan asupan nutrisi penting sewaktu berbuka dan sahur, seperti makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, nutrisi zat seng dan vitamin C.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.