Malam Pergantian Tahun, Arus Lalu Lintas di Kendari Ramai

SULTRAKINI.COM: Malam pergantian tahun dari Tahun 2020 ke 2021 tepatnya Kamis, (31/12/2020), animo masyarakat di Kota Kendari tetap tinggi meski masih di tengah Pandemi Covid19. Bahkan terpantau hampir sejumlah ruas jalan umum dipadati kendaraan roda dua dan empat.

Sejumlah ruas jalan yang menjadi tujuan masyarakat khususnya warga Kota Kendari menghabiskan malam pergantian diantaranya, Jalan Bay Pass menuju Kendari Beach, Jalan Sultan Hasanuddin,Jalan Poros Ir Soekarno, Jalan Lapulu arah Jembatan Teluk Kendari, dan Jalan Bay Pass arah Bundaran Tank. Namun semua terpantau aman dan lancar, tidak ada titik macet.

Sebelumnya, petugas dari aparat kepolisian Lalulintas telah melakukan
rekayasa lalulintas, dengan melakukan pengalihan beberapa arus jalan.

Pengalihan arus di Jalan Sultan Hasanuddin, (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)
Pengalihan arus di Jalan Sultan Hasanuddin, (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

Bahkan, sejumlah personil gabungan nampak disiagakan di sepanjang jalan guna mengurai kelancaran kendaraan yang mulai memadati sejumlah ruas jalan.

Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Kendari, IPDA Debby Aulia, mengatakan  arus lalu lintas hingga saat ini  kendaraan yang melintas ramai lancar meskipun beberapa objek harus ditutup dan menerapkan satu arah.

“Dapat kita lihat sendri kondisi arus lalu lintas cukup rame tapi tidak terjadi kemacetan, arus lalu lintas masih ramai lancar, kami himbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi aturan lalulintas, menggunakan helem dan masker,” ucap Debby, Kamis(31/12/2020)

Tambahnya, sejauh ini belum ada  pengendara yang ditindak namun pihaknya hanya memberikan himbauan agar selalu menggunakan helem.

Tak hanya itu, terlihat sejumlah Personil berpakaian lengkap dari Satuan Brimob Polda Sultra tampak disiagakan di Jembatan Teluk Kendari guna mengantisipasi adanya masyarakat yang singgah dan berkerumun  di sekitaran jembatan.

Dalam pengamanan arus lalu lintas ini personil yang diterjunkan dari Sat Lantas Polres Kendari sebanyak 65 orang dibantu dari pihak Ditlantas Polda Sultra sekira 75 orang, serta dibantu pihak Dinas Perhubungan dan Dinas Balai Jalan.

Sebelum ini, Kasat Lantas Polres Kendari AKP Lesmana Pramuditya S.IK, juga telah melakukan pengaturan arus lalu lintas dimalam tahun dengan melakukan tiga rekayasa lalu lintas diantaranya di Kendari Beach, Jembatan Teluk Kendari, dan MTQ.

“Untuk di MTQ sendiri akan di berlakukan satu arah (one way) dimana melawan arah jarum jam dimana saat terjadi volume jumlah kendaraan meningkat maka kita akan berkesimpulan mengambil satu jalur, untuk di Kendari beach sendiri akan menutup jalur yang ada pedagang kaki lima, kita akan sosialisasikan juga ke masyarakat bahwa jalur kita akan alihkan ke jalur utama menuju Kemaraya begitupun sebaliknya dari pasar pelelangan ikan kita alihkan ke jalur utama,” jelas Lesamana, Rabu(30/12/2020).

Sket pengalihan arus Lalu lintas di malam tahun baru (Dok.Ist)

Lanjut AKP Lesamana, untuk jembatan teluk Kendari yang menjadi animo masyarakat itu sendiri dalam melepas malam tahun baru akan menerapkan satu jalur agar tidak ada penumpukan kendaraan.

“jembatan teluk Kendari yang dari arah lapulu kita berlakukan satu arah menuju jembatan kuning dan berputar melalui depan Polsek Abeli sehingga jika terjadi penumpukan atau volume jumlah kendaraan yang meningkat akan dapat di antisipasi dengan cepat,” ungkapnya. (B)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.