000 HPN Prov

Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa Magnitudo 7,4

SULTRAKINI.COM: Wilayah laut Banda diguncang gempa tektonik bermagnitudo 7,4 pada Senin (24/6/2019) pukul 09:53:40 WIB. Kekuatan gempa sebelumnya dikabarkan magnitudo 7,7 kemudian dimutakhirkan menjadi 7,4.

Gempa berlokasi di laut pada jarak 289 kilometer arah barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, kedalaman 220 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa ini merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Laut Banda yang dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip-fault).

Guncangan gempa dilaporkan dirasakan di daerah Saumlaki (V MMI), Tual (III-IV MMI), Subawa dan Sorong (III MMI), Dobo, Alor, Fak-fak, dan Kupang (II-III MMI), Manokwari, Bima, Dompu, Banda, Waingapu, Ambon, Bule, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya (II MMI).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil permodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 10.13 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan,” jelas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Senin (24/6/2019).

BMKG juga mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.