Manfaat Tinta Cumi-Cumi bagi Kesehatan

SULTRAKINI.COM: Ternyata tinta cumi-cumi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. bahan tinta hitam ini yang dihasilkan oleh cumi-cumi digunakan untuk mekanisme pertahanan diri. Kalau cumi-cumi dikejar predator, tinta di dalam tubuhnya akan disemprotkan keluar dan membuat air menjadi keruh. Di dalam cairan itu mengandung cukup banyak komponen seperti enzim, melanin, polysaccharide, hormon catecholamines, logam seperti kadmium dan tembaga. Asam amino juga dikeluarkan dalam cairan berwarna hitam pekat ini.

Berikut manfaat tinta cumi-cumi bagi kesehatan:

1. Tinta hitam mengandung antimikroba
Penelitian yang dilakukan pada hewan, tinta cumi diketahui mampu mengatasi mikroba yang berbahaya pada tubuh. Ada komponen yang mampu menetralkan beberapa jenis bakteri atau virus yang berbahaya untuk kesehatan dan membuat sel menjadi sehat kembali. Dengan kemampuan menetralkan patogen yang kemungkinan besar menyebabkan masalah pada tubuh, tinta cumi-cumi bisa diandalkan sebagai obat.

2. Tinta hitam mengandung antioksidan
Dari penelitian metode test tube, didapatkan data kalau tinta cumi mampu memberikan cukup banyak antioksidan. Hal ini dibuktikan dari ditemukan beberapa komponen yang melindungi sel sehingga radikal bebas dari luar tidak akan bisa masuk.

yamaha

3 Tinta hitam membantu melawan kanker
Penelitian yang dilakukan penggunaan tinta cumi-cumi mampu melawan kanker dan membuat tumor sulit membesar. Penelitian ini masih dalam bentuk test tube, jadi pengaruhnya pada manusia masih belum bisa diketahui dengan jelas. Meski demikian ada kemungkinan komponen di dalam tinta cumi menekan pertumbuhan kanker paru, prostat, dan payudara.

4 Tinta hitam menstabilkan tekanan darah
Dari beberapa percobaan terbatas yang dilakukan, penggunaan komponen yang ada di dalam tinta cumi bisa membuat pembuluh darah jadi sedikit melebar. Kondisi ini akan mencegah terjadinya gangguan kardiovaskular dan juga mencegah terjadinya gangguan pada tekanan darah.

4 Tinta hitam meningkatkan daya tahan tubuh
Dari studi yang dilakukan pada hewan, penggunaan tinta cumi-cumi mampu meningkatan daya tahan tubuh. Sel imun akan terbentuk dan melawan radikal bebas yang akan masuk dan mendekat. Secara umum, sistem kekebalan tubuh akan mengalami penigkatan dibandingkan yang tidak diberi tinta cumi-cumi. Biasanya tinta hitam tersebut sering diolah menjadi aneka masakan seafood. Bahkan kini tinta hitam cumi-cumi diolah dalam bentuk saos tinta. Sehingga makin mudah menggunakan.

 

Dari berbagai sumber
Laporan: Fatima

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.