SUARA

Manfaatkan Teknologi, Kolaka Menuju Kota Cerdas

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Hingga saat ini setidaknya masyarakat Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara patut berbesar hati dengan capaian yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah setempat. Pasalnya, pasca terbetuknya Dinas Komunikasi dan Informatika beberapa waktu lalu, Dinas yang dinahkodai oleh I Nyoman Suastika tersebut berhasil mengembangkan sistem Command Center secara bertahap.

Secara khusus Nyoman bercerita betapa pentingnya sebuah sistem yang berbasis teknologi untuk dkembangkan di Kabupaten Kolaka. Selain memudahkan kerja-kerja dari Pemda Kolaka, program ini juga dapat dinikmati langsung oleh masyarakat dengan cara interaktif secara langsung dengan pemerintah.

“Nanti diharapkan jika program ini berjalan secara maksimal akan memudahkan Bupati dalam mengambil keputusan terkait pembangunan di Kolaka. Pemda juga dengan mudah mengetahui kondisi yang terjadi. Yang paling menarik adalah masyarakat umum bisa secara bebas dan aktif mengakses hasil dari kinerja di sejumlah sektor kerja yang ada,” katanya, Selasa (27/2/2018).

yamaha

Saat ini Dinas Komunikasi dan Informatika telah memiliki ruang media center berbasis digital. “Ruangan ini sudah mulai kami gunakan. Dan memang kerjanya tersistem dengan tehnologi. Misalnya kita bisa pantau sejumlah titik strategis Kolaka melalui cctv dengan kwalitas tinggi. Ini bisa juga berfungsi untuk mengungkap aksi kejahatan,” tegasnya.

Bentuk keseriusan dalam memberikan akses tanpa batas kepada masyarakat Kolaka dan dunia, saat ini pengguna interet dapat mengakses http://portal.kolakakab.go.id/ yang dimana dalam laman ini masyarakat dapat melihat capaian kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sampai dengan informasi seputar Layanan Pengadaan Secara Elektronik (Lpse).

Tidak hanya berhenti sampai disitu, aplikasi berbasis android juga dapat dinikmati melalui telepon pintar anda. Yaitu tersedia aplikasi Kolaka Smard di play store. “Jadi memang saat ini yang berbasis android baru Kolaka Smart tapi kami sudah kembangkan dua aplikasi berbasis yang sama dan sementara dalam proses penyelesaian. Salah satunya aplikasi Wisata, aplikasi wisata ini nantinya bisa menjadi petunjuk atau sumber informasi bagi mereka yang ingin berwisata di Kolaka,” tutupnya.

 

Laoran: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.