Mantan Ketua Kwarnas Terima Lencana Tunas Kencana

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Pramuka di Kendari dirangkaikan dengan penyerahan Lencana Tunas Kencana kepala Almarhum Azrul Azwar, Ketua Kwarnas periode 2003-2013. Lencana tersebut merupakan bentuk penghargaan tertinggi dalam gerakan pramuka, yang diterima oleh istri almarhum, Rihna Azrul Azwar. Penghargaan itu diberikan karena jasa-jasa, Azrul Azwar dalam mendorong kemajuan pramuka, ketika memimpin Kwarnas.

Ketua Panitia Munas Pramuka Pusat, Kodrat Pramudho, menyampaikan pemberian lencana Tunas kencana kepala Almarhum sudah ditetapkan saat Munas di Aceh 2013 lalu, hanya saja pemberian penghargaan dilaksanakan tahun ini. Lencana tersebut biasanya diberikan kepada presiden, tokoh nasional dan pramuka yang telah berjuang untuk memajukan gerakan pramuka.

“Beliau (Azrul Azwar) telah melakukan tevitalisasi terhadap gerakan pramuka yang dicanangkan preiden Susilo Bambang Yudhono saat ini. Selain itu, diera kepemimpinannya, kegiatan pramuka berhasil diperjuangkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang wajib bagi sekokah-sekolah,” ungkapnya, Rabu (26/09/2018).

Dia berharap agar kedepan banyak kader-kader pramuka yang bisa mendapatkan penghargaan Lencana Tunas Kencana tersebut. Hanya saja, lencana tersebut diberikan secara selektif bagi mereka yang dinilai berjasa bagi kemajuan gerakan pramuka.

“Selain tunas kencana, sebetulnya ada lencana melati yang juga merupakan penghargaan tertinggi. Lencana melati ini diberikan kepada pelatih dan pembina yang berprestasi dalam kepramukaan,” tutupnya.

Laporan: M Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.