Mantap! 7 Pasar Seni Terbaik di Indonesia, Surganya Pelancong

SULTRAKINI.COM: Jalan-jalan di suatu daerah tak lengkap rasanya jika tidak berkeliling dan berburu barang-barang unik atau pernak pernik. Apalagi akan dijadikan sebagai koleksi atau buah tangan saat liburan. Barang-barang unik dan pernak pernik khas ini biasanya dijumpai di pasar seni atau tradisonal di masing-masing daerah.

Pasar seni terkadang dapat ditemukan di masing-masing kota di Indonesia. Di Pasar seni inilah para pelancong dan turis dapat menemukan berbagai macam barang lokal unik dan khas dengan harga beragam. Mulai dari harga murah meriah, hingga harga yang membutuhkan pertimbangan sebelum membelinya.

Untuk membuat liburanmu makin seru, berikut beberapa referensi pasar seni terbaik di Indonesia yang menyajikan berbagai macam barang unik dan khas yang cocok dijadikan buah tangan saat berlibur yang wajib untuk didatangi.

1. Pasar Seni Sukawati, Bali

Pasar Seni Sukawati (www.tripbaligo.com)
Pasar Seni Sukawati (www.tripbaligo.com)

Bali menyimpan keunikan tersendiri, selain eksotiknya alam baharinya. Tak luput juga terdapat pasar seni yang menyediakan kekhasan Bali, seperti Pasar Seni Sukawati. Banyak barang-barang unik dan khas yang ada di pasar ini, misalnya tas hommemade, patung tradisional, kain-kain lembut bermotif khas Bali, lukisan, dan lain-lain.

Pasar ini berada di jalan utama dekat Ubud dengan lokasi yang strategis, yaitu di Jalan Raya Sukawati, Gianyar, Bali. Pasar ini memiliki jam operasional dari pukul 06.00-18.00 waktu setempat. Dibandingkan pasar seni lainnya yang ada, Pasar Seni Sukawati ini sangat recomended bagi kamu yang sedang liburan karena harga yang ditawarkan di pasar seni ini relatif lebih murah dengan kualitas yang bagus dan sesuai kantong para pelancong.

2. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Pasar Beringharjo (viewjogja.com)
Pasar Beringharjo (viewjogja.com)

Pasar Beringharjo merupakan pasar yang menjadi pusat perdagangan sejak 1758, dan menjadi salah satu bangunan bersejarah, ikon pariwisata, dan merupakan pasar populer yang dijadikan tujuan berbelanja batik, serta merupakan pasar yang berusia sama dengan Kota Yogyakarta.

Di pasar Beringharjo ini, wisatawan akan menemukan berbagai macam batik, mulai dengan model baju, celana, kemeja, hingga daster. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, dan akan mendapatkan harga yang lebih menarik lagi jika kamu jago dalam hal menawar.

Jika ingin berkunjung dan membeli baju batik, datang saja di pasar Beringharjo yang berlokasi di Jalan Margo Mulyo Nomor 16 dan terletak di jantung Kota Yogyakarta yang berada dekat dengan Malioboro. Pasar ini beroperasi dari pukul 08.30 sampai 21.00 waktu setempat.

3. Pasar Triwindu, Surakarta
Pasar Triwindu Surakarta ini merupakan pasar yang terletak di Timuran, Banjarsari, Surakarta. Pasar ini didirikan pada 1939 dan tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun kebanyakan menyajikan barang-barang antik namun pasar ini mempunyai pesonanya sendiri.

Pasar Triwindu ini merupakan “surganya” pecinta barang antik karena memiliki gerai-gerai toko yang menyajikan keris jawa, perangko batik, mata uang, mesin tik kuno, dekorasi rumah, hingga motor tua. Pasar ini buka dari pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat.

4. Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin

Pasar terapung Lok Bintan (www.youtube.com)
Pasar terapung Lok Bintan (www.youtube.com)
Id Bulog

Di Kalimantan, masyarakatnya masih menggunakan fitur alami yang dijadikan sebagai sarana mata pencaharian, seperti Pasar Terapung Lok Baintan. Kamu bisa melihat pemandangan indah kapal-kapal kecil yang saling berdekatan dan kamu dapat menemukan barang-barang tradisonal, bahan makanan, asesoris, dan suvenir yang dijual dari beberapa kapal. Suasana dan pemandangan yang menawan dengan harga yang terjangkau, membuat pasar ini menjadi pasar favorit para wisatawan.

Jadi, bagi kamu yang ingin melihat keindahan suasana serta pemandangan secara langsung dan menjajal barang-barang tradisonal, tempatnya di kapal terapung ini. Kamu bisa datang di Jalan Sungai Mertapura, Desa Sungai tandipah, Banjarmasin. Pasar terapung ini biasanya beroperasi dari pukul 06.00 sampai 09.00 waktu setempat.

5. Pasar Seni Ubud, Bali

Pasar Seni Ubud (tempatwisatadibali.info)
Pasar Seni Ubud (tempatwisatadibali.info)

Selain Pasar Sukawati, Bali juga mempunyai pasar seni Ubud yang terletak di Ubud, Gianyar, Bali. Pasar ini terdapat berada di sisi timur dan sisi barat. Sisi barat pasar ini kamu bisa menemukan berbagai hasil kerajinan tangan, seperti tas anyaman, gelang, dan kain. Sementara di sisi timur, barang yang dijual lebih kepada kebutuhan sehari-hari, seperti gula dan beras.

Jadi bagi kamu yang ingin berbelanja, langsung saja ke Pasar Seni Ubud yang buka dari pukul 04.00 sampai pukul 18.00.

6. Pasar Klewer, Surakarta

Pasar Klewer (bonvoyajogja.com)
Pasar Klewer (bonvoyajogja.com)

Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di Surakarta. Letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta, sehingga sangat startegis. Di Pasar Klewer ini kamu dapat menemukan berbagai macam batik dan sangat bagus untuk kamu pecinta batik. Selain batik, terdapat banyak kerajinan yang dijual dengan kualitas ekspor.

Pasar ini berlokasi di Jalan DR. Radjiman Nomor 5A, Kota Surakarta dan buka dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00.

7. Pasar Seni Gabusan, Bantul

Pasar Seni Gabusan (www.starjogja.com)
Pasar Seni Gabusan (www.starjogja.com)

Pasar seni ini awalnya dibangun untuk akses pengrajin lokal menuju pasar internasional. Tidak seperti pasar lainnya, pasar ini memiliki desain bertaraf internasional.

Di pasar ini, kamu bisa berbelanja banyak barang, seperti tas anyaman rotan, kotak dari bambu, tempat lilin berbagai macam bahan dasar, topeng dengan berbagai variasi menarik, dan banyak lagi. Pasar Seni Gabusan ini berlokasi di Jalan Parangtritis, Balong, Bentul, Yogyakarta dan buka dari pukul 09.00 sampai pukul 19.00.

Itulah tujuh pasar seni di Indonesia yang bisa dijadikan tempat kamu berburu oleh-oleh. Adakah yang menarik perhatianmu?

Sumber: IDN Times
Laporan: Nurul Sadrina Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.