SULTRAKINI.COM: Sesekali menyendiri memang baik agar kamu bisa fokus akan dirimu sendiri dan bisa memahami dirimu dengan baik di tengah dunia yang terlalu ramai dan rumit belakangan ini.

Masalah Kesehatan yang Timbul akibat Kesendirian
Masalah Kesehatan yang Timbul akibat Kesendirian

Saking asyiknya menyendiri, ada beberapa orang yang begitu menikmatinya hingga tak menyadari bahwa kesendirian yang terlalu lama sanggup membawa dampak buruk untuk kesehatan.

Dilansir dari thehealthsite.com, berikut adalah beberapa masalah atau gangguan kesehatan yang bisa muncul jika kamu terlalu lama sendiri.

Depresi

Penelitian menunjukkan bahwa individu yang terisolasi secara sosial, terutama di kalangan muda, berisiko mengalami depresi. Selain depresi, rasa sepi menyebabkan menurunnya perasaan bangga akan diri sendiri, meningkatkan pikiran negatif, mudah cemas, hingga gampang marah.

Sulit tidur

Sulit tidur adalah akibat lain dari kesepian kronis. Dan ketika kamu kurang tidur, maka fungsi restoratif tidur seperti perbaikan jaringan, pertumbuhan otot, hingga kesehatan hormonal juga akan terganggu.

Demensia 

Para orang tua yang kesepian cenderung mudah mengalami demensia atau naiknya risiko Alzheimer sebanyak 2 kali lipat.

Masalah Kardiovaskular

Risiko penyakit jantung juga bisa meningkat seiring seringnya seseorang menyepi. Sebabnya kesepian terkait dengan naiknya tekanan darah, naiknya kadar kolesterol, hingga obesitas.

Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Kesepian yang mengendap akan mudah menimbulkan masalah kesehatan karena kurang tidur. Hasilnya risiko penyakit jantung juga meningkat dan bisa berujung dengan meningkatnya risiko kematian dini. 


Sumber: Merdeka.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations