SUARA

Masalah Sapi di Muna Belum Tuntas, Pengguna Jalan Dibuat Resah

SULTRAKINI.COM: MUNA – Belasan ekor sapi kembali meresahkan dan membahayakan sejumlah pengguna jalan di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Padahal pemilik hewan ternak tersebut telah diberikan sanksi ringan, berupa pernyataan dari Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Sumi Tata.

Persoalan tersebut juga tertuang dalam Peraturan Daerah.

Pihak Satpol PP setempat juga sedang mensosialisasikannya kepada masyarakat pemilik hewan ternak selama enam bulan kedepan.

“Sementara pemilik hewan diberikan sanksi ringan dengan bentuk pernyataan. Sangsi beratnya, hewan tersebut ditahan juga didenda kalau pemilik tidak mengambil maka hewan tersebut dilelang nantinya, sesuai batas waktu yang ditentukan,” tegas Sumi Tata dilansir dari KoranSultra, Jumat (4/5/2018).

Sayangnya, tindakan itu belum membuat pemilik sapi jera. Belakangan pemiliknya diketahui dari warga Jalan S. Goldaria, Kelurahan Raha II, Daeng Hasan. Hewan ternak itu masih saja terlihat berkeliaran di sekitaran by pass, tepatnya depan Rumah Adat Muna (Barughano).

Salah satu pengguna jalan terpaksa mengalah saat sejumlah kawanan sapi yang melintas di jalan raya, Sabtu (5/5/2018). (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)
Salah satu pengguna jalan terpaksa mengalah saat sejumlah kawanan sapi yang melintas di jalan raya, Sabtu (5/5/2018). (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)
yamaha

(Baca: Satpol PP Muna Tertibkan Kawanan Sapi Usai Rusaki Taman Bunga)

Pemandangan itu mendapat keluhan dari salah seorang pengguna jalan warga Desa Wapunto, Kecematan Duruka, Samsul. Dia mengaku kesal lantaran hampir terjatuh dari motor yang dikendarainya, akibat menginjak pedal rem secara mendadak saat kawanan sapi melintas di hadapannya.

“Saya kaget dan langsung rem, untung saja saya tidak terjatuh karena sadar lihat kawanan sapi melintas di depan jalan raya. Saya rencananya mau ke pasar Laino dari rumah,” ucap Samsul kepada SultraKini.Com, Sabtu (5/5/2018).

Kepala Seksi Binmas Pol PP, Hayari Imbu mengungkapkan dirinya sementara diluar daerah dan akan segera menindak tegas pemilik sapi dan menertibkan kawanan sapi tersebut ke Kantor Satpol PP Muna.

“Saya segera tindaki pemilik sapi setelah pulang dari luar daerah,” singkat Hayari melalui sambungan WhatsApp kepada SultraKini.Com.

Akibat dari kawanan sapi itu, membuat para pengguna jalan terpaksa mengalah dan memilih mengambil jalur di luar badan jalan. Pantauan SultraKini.Com, kawanan sapi masih terlihat berkeliaran bebas di jalan raya di sekitaran jalan by pass sampai malam hari.

 

 

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.