Masyarakat Kendari Gelar Aksi Peduli Rohingya

  • Bagikan
Masyarakat Kendari yang menggelar aksi solidaritas untuk Rohingya. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Masyarakat Kendari menggelar aksi jalan kaki dari pelataran MTQ menuju halaman Masjid Al Kautsar Kendari, Sabtu (9/9/2017) pagi. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap Muslim Rohingya di Myanmar.

Massa yang tergabung dalam Aliansi Muslim Peduli Rohingya (AMPERA) mengutuk kekerasan yang menimpa masyarakat muslim Rohingya. 

Secara bergantian massa aksi yang terdiri dari berbagai gabungan ormas ini melakukan orasi. Mereka berharap kekerasan yang terjadi dapat segera dihentikan. Mereka juga berharap pemerintah Indonesia terus mengawal dan mendesak dunia internasional agar tidak terjadi lagi hal serupa. 

“Dalam konstitusi negara kita tegas menolak penjajahan dan tindakan yang tidak berperikemanusiaan di manapun di dunia ini. Untuk itu sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan dan persaudaraan kami berharap kekerasan yang menimpa masyarakat Rohingya segera dihentikan,” teriak salah seorang peserta massa aksi dalam orasinya. 

Selain melakukan orasi, mereka juga mengumpulkan dana dari massa aksi yang hadir. Mereka pun menggelar penggalangan dana kepada pengguna roda dua dan roda empat yang melintas di lokasi aksi. Menurut perwakilan massa, dana yang dikumpulkan nantinya akan disumbangkan untuk masyarakat Rohingya melalui lembaga kemanusiaan nasional. Setelah selesai bergantian berorasi, massa lalu berdoa bersama untuk masyarakat Rohingya. 

Aksi serupa sebelumnya juga telah disuarakan di berbagai daerah lain di Indonesia. Pemerintah Indonesia pun telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan kekerasan yang terjadi. Termasuk dengan mengirimkan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi untuk bertemu pemerintah Myanmar. Beberapa lembaga kemanusiaan di Indonesia pun telah mengirimkan bantuannya ke pengungsi Rohingya. 

Laporan: Didul Interisti

  • Bagikan