Matahari Deklarasikan Diri Sebagai Merek Paling Bernilai di Indonesia

  • Bagikan
Matahari Deklarasikan Diri Sebagai Merek Paling Bernilai di Indonesia foto google image.com

SULTRAKINI.COM:Salah satu perusahaan ritel nasional, PT Matahari Department Store Tbk, berhasil mengukuhkan diri sebagai salah satu pemenang pada ajang 100 Perusahaan Paling Bernilai 2017 atau Indonesia’s Top 100 Most Valuable Brands 2017.

Penghargaan yang digagas majalah Swa dan Brand Finance ini memang didedikasikan kepada merek merek dengan nilai tertinggi, baik merek korporasi, maupun merek produk. Pemenang penghargaan ditetapkan melalui analisis Brand Finance terhadap brand strength index (BSI) setiap perusahaan. Data yang digunakan dalam analisa tersebut diperoleh dari informasi perusahaan, Bloomberg, laporan tahunan perusahaan, serta riset yang dilakukan oleh Brand Finance. Tiga faktor yang diukur untuk menentukan BSI adalah input, brand equity, dan output.

Faktor input didapatkan dari kalkulasi brand management dan brand presence, brand equity yang dihitung adalah brand awareness, sedangkan output diperoleh dari perhitungan pertumbuhan pendapatan, pangsa pasar, profitabilitas, dan survey terhadap analis. Dari hasil analisis tersebut akan menghasilkan nilai brand, brand rating, enterprise value, serta brand ratio.

Setelah dilakukannya berbagai analisis dan riset terhadap nilai me rek dari setiap perusahaan, merek Matahari menjadi salah satu pemenang Top 100 Most Valuable Brands di Indonesia dengan brand value sebesar US$ 236 juta dan brand rating AA-.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa merek Matahari yang telah eksis selama 58 tahun tidak pernah berhenti berinovasi untuk menjaga nilai mereknya, sehingga masih tetap dapat bertahan hingga saat ini dan menjadi pesaing terkuat bagi merek lainnya,” tulis manajemen Matahari dalam keterangan pers beberapa waktu lalu.

bisnis update.com

  • Bagikan