Mayjen TNI Agus Surya Bakti: Energi Tidak Stabil Jadi Ancaman

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengatakan bahwa energi dan Sumber Daya Alam merupakan sebuah perspektif ancaman nyata bagi suatu negara, Rabu (26/04/2017).

Dicontohkan Mayjen TNI Agus terhadap beberapa negara di Timur Tengah yang hancur karena konflik kepentingan energi dimana negara tersebut hancur karena peperangan atau gencatan senjata oleh negara lain.

“Energi ini adalah sebuah kepentingan. Kalau energi sudah tidak stabil disitulah ancaman bagi sebuah negara,” ungkapnya dalam kuliah umum di Universitas Halu Oleo, Ranu (26/04/2017).

Seperti halnya di Indonesia lanjut dia, yang tengah dalam kepentingan energi negara lain. Pasalnya Negara Kesatuan Republik Indonesia kaya akan sumber mineral, minyak dan tambang. Saat ini menurut Mayjen TNI Agus Indonesia terkepung oleh negara adidaya dengan kekuatan militernya, utamanya yang semakmur Inggris seperti Australia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Ia mengutip pernyataan Presiden Soekarno dan Jokowi bahwa suatu saat Indonesia akan membuat iri negara lain dengan SDA, tetapi kekayaan sumber daya yang dimiliki Indonesia merupakan sebuah ancaman yang nyata.

“Budaya dihancurkan, energi diambil, keadilan dirusak, ini yang patut diwaspadai,” pungkasnya.

Laporan: Rian Adriansyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.