Melalui Dana Zakat, IZI Membangun Generasi Unggul Program IZI to Smart

SULTRAKINI.COM: KENDARI – LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulawesi Tenggara meluncurkan dan menyalurkan salah satu program unggulannya, yaitu Program IZI to Smart atau Program Pemberian Beasiswa dan Perlengkapan Sekolah kepada pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA pada Minggu (27 Oktober 2019).

Program IZI to Smart dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu Kelurahan Jati Mekar dan Kelurahan Gunung Jati di Kota Kendari serta Kabupaten Konawe Selatan dengan total penerima manfaat sebanyak 80 orang, terdiri dari 30 pelajar SD, 30 pelajar SMP, dan 20 pelajar SMA.

Kepala Perwakilan Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Sultra, Ramli, mengatakan program pemberian beasiswa pelajar dan perlengkapan paket sekolah dilaksanakan saat ini merupakan penyaluran dana dakat para donatur IZI, sehingga penerima manfaat lebih diutamakan adalah fakir miskin dengan kategori mereka tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari sekolah masing-masing.

“Disamping pemberian beasiswa pelajar dan perlengkapan sekolah, kita juga melakukan pola pembinaan kepada para siswa penerima manfaat,” ucap Ramli dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/10/2019).

Peluncuran Program Beasiswa tersebut dihadiri Adnan Saufi selaku Kepala Kementerian Agama Kabupaten Konawe Selatan, Samrudin mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Selatan, serta para kepala sekolah dan orang tua siswa itu sendiri.

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Selatan, Samrudin mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh IZI perwakilan Sultra. Ia berharap program ini memberikan manfaat yang lebih besar kepada para siswa.

“Kita berharap bantuan ini dbermanfaat pada siswa-siswi kita, mudah-mudahan ke depannya jumlah penerima manfaat semakin bertambah dengan bantuan ini,” ujar Samrudin.

Kepala Kementerian Agama, Adnan Saufi yang me-launching program beasiswa pelajar tersebut, mengajak masyarakat yang ada di Kabupaten Konawe Selatan untuk membiasakan diri mengeluarkan zakat, infaq, dan ke orang-orang yang kurang mampu.

“Disamping kita menerima bantuan seperti ini, kita juga harus belajar memberi dengan membiasakan diri untuk mengeluarkan zakat, infaq, dan sadaqah, sehingga bisa memudahkan saudara-saudara kita, seperti halnya dengan taglaine IZI ‘memudahkan, dimudahkan’. Jadi barang siapa memudahkan urusan seseorang, Allah akan mempermudah urusanya,” terang Adnan.

Fasilitator dan pelaksana program di Kabupaten Konawe Selatan, Asyhari Abuhair, mencatat penerima manfaat program beasiswa dan perlengkapan sekolah ini tersebar di 17 sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA di 16 desa/kelurahan yang ada di lima kecamatan Kabupaten Konawe Selatan.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.