SULTRAKINI.COM: Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan dilaksanakan pada Rabu, (8/11). Sebagai putri dari Presiden Joko Widodo, pernikahan Kahiyang dan Bobby tentu menjadi daya tarik bagi masyarakat terlebih masyarakat Solo.

Melihat 5 Perbedaan di Pernikahan Anak Presiden Jokowi dan SBY
Kahiyang-Bobby dan Ibas-Aliya

Seperti yang dilakukan oleh pedagang di Pasar Legi, Solo, mereka secara sukarela mengadakan bancakan nasi tumpeng. Kegiatan itu berlangsung meriah karena diikuti oleh 2.000 pedagang. 

Ini merupakan kali kedua Presiden Joko Widodo menikahkan anaknya setelah pernikahan Gibran-Selvi pada 2015 lalu. Keduanya diselenggarakan saat Joko Widodo menjabat sebagai presiden. 

Meski begitu, Presiden Joko Widodo bukanlah presiden Indonesia pertama yang menyelenggarakan pernikahan anak-anaknya ketika masih menjabat sebagai presiden. Sebelumnya ada mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga menikahkan kedua anaknya saat berstatus sebagai presiden yakni Agus Yudhoyono-Annisa Pohan dan Ibas Yudhoyono-Aliya Rajasa. 

Sama-sama sebagai anak presiden, tentu pernikahan mereka memiliki sejumlah perbedaan, termasuk pernikahan Kahiyang-Bobby dengan Ibas-Aliya. Kumparan (kumparan.com) merangkum perbedaan antara pernikahan Kahiyang-Bobby dan Ibas-Aliya, sebagai berikut:

1. Lokasi pernikahan 

Pernikahan Kahiyang-Bobby digelar di Graha Sabha Buana, Solo. Lokasi ini sama dengan pernikahan sang kakak Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda. Graha Sabha Buana merupakan gedung pertemuan yang sering jadi rujukan masyarakat Solo untuk mengadakan resepsi pernikahan ataupun acara pertemuan lainnya. 

Berbeda dengan Kahiyang-Bobby, rangkaian pernikahan Ibas-Aliya dilaksanakan di dua tempat berbeda yakni Istana Cipanas dan Jakarta Convention Center (JCC). Istana Cipanas dipilih sebagai tempat Ibas-Aliya mengucap ijab-kabul pernikahan pada 24 November 2011 dan JCC sebagai tempat resepsi pada 26 November 2011. Uniknya, pemilihan istana sebagai tempat pernikahan juga dilakukan pada pernikahan sang kakak Agus Yudhoyono-Annisa Pohon. Bedanya, lokasi pernikahan Agus-Annisa diadakan di Istana Bogor dan dijadikan sebagai tempat resepsi. 

2. Tamu undangan

Sama-sama sebagai anak presiden, keduanya sama-sama dihadiri ribuan tamu undangan. Pada pernikahan Ibas-Aliya, ada sekitar 3.500 tamu undangan yang hadir saat resepsi di JCC, sementara tamu undangan yang hadir saat akad nikah di Istana Cipanas berjumlah lebih sedikit. 

Dibandingkan pernikahan Ibas-Aliya, diperkirakan jumlah tamu undangan yang hadir di pernikahan Kahiyang-Bobby akan lebih banyak. Hal ini lantaran pada pernikahan Kahiyang-Bobby disebar sekitar 8.000 undangan. Jumlah ini bahkan dua kali lebih banyak dibandingkan pernikahan Gibran-Selvi yang hanya berkisar 3 sampai 4 ribu undangan. 

3. Tim perias

Endang Sri Sundari Sumaryono atau akrab dipanggil Ibu Sumaryono dipercaya untuk menjadi perias Kahiyang Ayu jelang pernikahannya. Di daerah Solo, nama Ibu Sumaryono sudah dikenal sebagai perias kawakan. Ibu Sumaryono juga memegang teguh tradisi keraton solo yang sudah dipertahankan selama bertahun-tahun, seperti mendoakan alat-alat make up yang digunakan untuk merias pengantin.

Jika Kahiyang mempercayakan riasannya kepada perias daerah, Ibas-Aliya menggunakan jasa perias yang kerap jadi langganan pejabat dan tokoh-tokoh nasional, yakni Tienuk Rifki. Tienuk Rifki dikenal sebagai maestro rias tradisional. Perempuan kelahiran Sleman, 29 Juni 1950 itu sudah lebih dari 40 tahun berkecimpung di dunia rias pengantin.

Selain Ibas-Aliya, Tienuk juga dipercaya untuk merias keluarga Keraton Yogyakarta pada pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Bendara ketika menikah dengan KPH Yuda Negara tahun 2011 lalu.

4. Latar belakang menantu

Hubungan Kahiyang-Bobby sempat menjadi sorotan netizen. Ini dikarenakan Kahiyang dan Bobby berasal dari suku yang berbeda. Kahiyang merupakan orang Jawa sementara Bobby suku Mandailing.

Nama Bobby Nasution sendiri tidak cukup terpublikasi sebelum menjadi calon suami Kahiyang. Meski begitu, latar belakang keluarga Bobby Nasution cukup mentereng. Ia adalah putra mantan Direktur Utama PTPN IV Erwin Nasution. 

Sementara istri Ibas, Siti Rubi Aliya Rajasa adalah putri mantan Menteri Sekretaris Negara dan Politikus Senior Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa. Pernikahan keduanya dilakukan saat orang tua mereka masih menjabat sebagai presiden dan menteri. 

5. Busana pernikahan

Rangkaian pernikahan Kahiyang-Bobby digelar dengan prosesi adat Jawa meski keduanya berasal dari dua suku yang berbeda. Kahiyang dikabarkan akan mengenakan busana dodot atau pakaian basahan pada resepsi pernikahan.

Sedangkan pada pernikahan Ibas-Aliya, keduanya menggunakan dua adat yang berbeda sehingga busana pernikahannya juga lebih beragam. Saat prosesi akad, Ibas-Aliya mengenakan busana adat Palembang, sesuai asal Aliya. Namun ketika resepsi di JCC, kedua mempelai mengenakan pakaian adat Jawa.

Para pejabat negara baik eksekutif maupun legislatif ramai-ramai akan menghadiri pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Nasution di Solo. Acara pernikahan tersebut juga dihadiri oleh relawan Jokowi, seniman, dan beberapa tokoh ternama lainnya.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku turut diundang, namun dia memastikan tidak akan menghadiri pernikahan Kahiyang-Bobby. Fahri beralasan, pernikahan Kahiyang bertepatan dengan tugas piket kantor. Sehingga, Fahri hanya akan mengirimkan karangan bunga.

"Saya piket, ya piket lah. Saya kirim bunga saja sebagai perwakilan. Saya ini orang yang ngomong apa adanya," kata Fahri di Gedung DPR, Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (7/11).


Sumber: Kumparan.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations