Memasuki Lebaran Harga Sayuran Melonjak

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah harga sayuran naik drastis di pasar Korem Mandonga Kendari. Pedagang sayur mengaku kenaikan harga diperoleh sejak pembelian barang di agen pembongkaran sayur.

Pantauan SultraKini.Com, sejumlah harga seperti sayur terong mengalami kenaikan dari Rp 5 ribu per ikat sebelum lebaran, kini dijual Rp 15 ribu per ikat untuk tiga buah terong. Begitu juga harga sayur bayam, kacang panjang dan sayur kangkung yang masing-masing Rp 10 ribu sampai 15 ribu, Rp 15 ribu dan Rp 8 ribu.

Misalnya Wa Riki, Salah Seorang penjual Sayur di pasar Korem mengatakan pembelian sayur terong per karungnya seharga Rp 300 ribu. Sehingga ia harus menjual per ikatnya dengan harga Rp 15 ribu yang hanya berisi tiga buah terong.

“Mahal harganya, karena kita beli juga mahal. Bagaimana petani gagal panen gara-gara banjir, baru banyak juga yang butuh saat ini. Harga bayam ini kita belikan Rp 11 ribu jadi kalau kita mau jual dibawa harga itu apami kita mau dapat kasian. Ini kita sudah perbesar ikatannya jadi kita jual Rp 15 ribu,” kata Wa Riki, Selasa (27/6/2017).

Lonjakan harga juga dirasakan Ami, Penjual Sayur di Pasar Basa Mandonga Kota Kendari. Seperti sayur bayam dijualkannya Rp 10 ribu dengan ukuran ikatannya lebih kecil. Sebelumnya bayam dijualkan Rp 5 ribu sebelum perayaan Idul Fitri.

“Ini harga sayur naik semua, sayur gambas ini sa jual Rp 8 ribu, bayam Rp 10 ribu, kacang panjang juga Rp 10 ribu, kangkung sama Rp 8 ribu,” logat Ami di temui los penjualan sayurnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.