SUARA

Membangun Keluarga Berkualitas di Butur dari Program KKBPK

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Pertemuan integritas program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan program pembangunan di lingkup Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara berlangsung di Balai Desa Dampala Jaya, Kecamatan Kulisusu Barat, Selasa (21/7/2020).

Agenda Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Butur ini guna mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga berkualitas melalui upaya pengendalian angka kelahiran dan penurunan angka kematian, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, penyiapan dan pengaturan perkawinan, serta kehamilan. Hal ini dilakukan agar penduduk menjadi sumber daya manusia yang tangguh bagi pembangunan dan ketahanan nasional.

Menurut Kepala BKKBN Kabupaten Butur, Sarif, dalam memperhatikan UUD Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga, dimana penduduk menjadi sentral dalam pembangunan.

Di Kecamatan Kulisusu Barat sendiri, jumlah anggota PLKB, PPKBD, dan Sub PPKBD sebanyak 33 orang. Jumlah ini di luar dari adanya kelompok kerja pada kegiatan tribina yang terdiri dari para kader Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Lansia, Bina keluarga Remaja, dan UPPKS dan Pro PN sebanyak 160 orang.

“Inilah jejaring dan mitra kerja BKKBN yang ada di setiap sudut wilayah Kabupaten Butur,” ujarnya.

Sementara konsep Kampung KB yang pihaknya mengembangkan bukan semata konsep sektoral tentang urusan program keluarga berencana saja, tetapi lebih dimaknai sebagai upaya mewujudkan kampung keluarga berkualitas sehingga semua lintas sektor terlibat di dalamnya.

yamaha

“Kabupaten Butur pada 2018-2019 membentuk dan mencanangkan sebanyak 12 Kampung KB, termasuk Desa Dampala Jaya merupakan kampung KB kabupaten percontohan,” jelasnya.

Diterangkan Bupati Butur, Abu Hasan, Desa Dampala Jaya merupakan desa dengan daya keunggulan SDM dan SDA baik. Dipadukan dengan program unggulan nasional, tentunya akan mendorong kualitas SDM guna membangun negeri yang lebih maju.

Pembentukan SDM yang unggul melalui salah satunya program KKBPK khususnya di desa tersebut, dinilai tidak terlalu rumit dalam aspek pengelompokkan kerja. Sehingga ia ikut mengapresiasi atas kerja-kerja pihaknya yang melahirkan SDM berkualitas tersebut.

“Jadi semua ibu-ibu dan bapak-bapak yang hadir di sini adalah yang berkualitas,” ucapnya.

“Ini harus dipertahankan, saya memberikan apresiasi kepada BKKBN atas kerja-kerja demografi yang dilakukan, memang kita di Butur penduduk masih kurang,” sambung Abu Hasan.

Kegiatan itu juga dihadiri Pj Sekda Butur Budianti Kadidaa, Ketua Tim Penggerak PKK Butur Sitti Rabiah Abu Hasan, para pimpinan organisasi perangkat daerah lingkup Kabupaten Butur, camat Kulisusu Barat, kades Dampala Jaya, kepala Puskesmas Lambale, serta masyarakat. (C)

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.