SULTRAKINI.COM:KONAWE- Sebagai seorang yang menjabat sebagai Kepala Daerah, Kery Saiful Konggoasa (KSK) tentu punya kekayaan di atas rata-rata orang pada umumnya. Kekayaan inilah yang kemudian wajib diestimasi pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Menakar Kekayaan Bupati Konawe, Berikut Rinciannya
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (foto: Mas Jaya / SULTRAKINI.COM)

Berdasarkan data LHKPN Bupati Konawe yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI ke SULTRAKINI.COM, menunjukan bahwa harta kekayaan KSK umumnya terbagi dua jenis berdasarkan perolehannya. Ada yang berasal dari warisan orang tuanya. Ada pula yang merupakan hasil usaha dari pribadi KSK sendiri.

Berikut rincian LHKPN Bupati Konawe tersebut. Dalam laporan tertera status laporan atas dua bagian. Status laporan per tanggal 28 November 2012 dan status laporan per tanggal 18 September 2014. Status laporan yang pertama merupakan LHKPN saat KSK masih menjabat sebagai Ketua DPRD Konawe. Sedangkan laporan yang kedua adalah laporan yang mana KSK telah setahun menjabat sebagai Bupati Konawe.

Untuk memudahkan pembaca, SULTRAKINI.COM hanya akan merangkum laporan tahun 2014. Hal itu mengingat laporan tersebut menyajikan data yang lebih baru dibanding laporan sebelumnya. Berikut ulasannya.

Kekayaan KSK yang pertama terdiri atas harta tidak bergerak. Kekayaan tersebut meliputi empat bidang tanah yang masing-masing memiliki luas 562, 742, 658 dan 390 meter persegi. Estimasi total harga atas kekayaan tersebut, Rp1,846 M.

Selanjutnya, harta bergerak. Harta bergerak milik KSK terdiri atas tiga jenis. Pertama, alat transportasi dan mesin lainnya dengan total estimasinya mencapai Rp1,352 M. Kedua, peternakan, dengan total estimasi mencapai Rp840 juta. Ketiga, harta bergerak lainnya dengan total estimasi yang mencapai Rp924,8 Juta.

Selain itu, KSK juga memiliki giro dan setara kas lainnya. Jenis kekayaan ini nominal senilai, Rp211,5 juta. Selain memiliki sejumlah harta kekayaan, KSK juga ternyata memiliki hutang. Hutang dalam bentuk pinjaman uang tersebut mempunyai nilai yang cukup tinggi, yakni Rp1,197 M.

Jika ditotalkan, jumlah harta KSK dari berbagai jenis kekayaan yang dimilikinya mencapai Rp5,075 M. Namun jika dikurangi dengan jumlah hutang yang ada (1,197 M), maka total kekayaan KSK berkurang menjadi Rp3,877 M.

Demikian LHKPN Bupati Konawe yang diperoleh SULTRAKINI.COM dari hasil komunikasi bersama pihak KPK RI.


Laporan: Mas Jaya

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations