Pilkada koltim

Mendikbud Bakal Buka Kongres Internasional III Bahasa-Bahasa Daerah Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara akan menggelar Kongres Internasional III Bahasa-Bahasa Daerah Sulawesi Tenggara di Kendari pada 2—4 September 2019. Pembukaan konres tersebut rencananya akan dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, H. Muhadjir Effendy.

Selain itu, juga akan dihadiri Gubernur Sulawesi Tenggara, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Wali Kota Kendari, Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan RI, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, serta seluruh pimpinan lembaga vertikal kemdikbud di Sulawesi Tenggara.

Kongres Internasional III Bahasa-Bahasa Daerah Sulawesi Tenggara mengangkat tema “Peran Bahasa dan Sastra Daerah sebagai Negosiasi Budaya dalam Menciptakan Perdamaian Bangsa.”

Pilkada

Kepala Kantor Bahasa Sultra, Sandra Safitri Hanan, mengatakan tujuan pelaksanaan kongres bahasa daerah adalah mendiskusikan dan merumuskan berbagai persoalan yang menyangkut bahasa dan sastra daerah Sultra. Selanjutnya, hasil tersebut akan menjadi masukan bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan dan strategi yang tepat untuk melestarikan, mengembangkan, membina, dan memberdayakan bahasa dan sastra daerah Sultra pada era globalisasi dan Revolusi Industri 4.0.

“Keberhasilan Kongres Internasional III Bahasa-Bahasa Daerah Sulawesi Tenggara ini akan menentukan keberhasilan untuk menjadikan bahasa dan sastra daerah, khususnya di Sulawesi Tenggara, sebagai negosiasi budaya dalam menciptakan perdamaian bangsa,” ujar Sandra melalui rilis yang diterima SultraKini.com.

Ada tujuh pembicara utama (keynote speaker) dalam kongres tersebut, yakni Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. (Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan), H. Ali Mazi, S.H. (Gubernur Sulawesi Tenggara), Prof. Dr. Masao Yamaguchi (Setsunan University, Japan), Prof. Dr. Susanto Zuhdi (Guru Besar Universitas Indonesia), Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum. (Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta), Prof. Dr. James T. Collins (Universiti Kebangsaan Malaysia), Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra (Guru Besar Universitas Gadjah Mada), Dr. Munawar Holil, S.S., M.Hum. (Universitas Indonesia), Brendon Marshall, M.App.Ling. (La Trobe University, Australia).

Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.