SUARA

Meneropong Kekuatan Pilkada Kolaka, Safei-Jayadin Bakal Pisah?

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Meski Pilkada Kolaka diprediksi bakal digelar dua tahun lagi, namun euforianya mulai hangat diperbincangkan. Salah satunya datang dari diskusi publik lintas Partai Politik (Parpol) yang digelar staf ahli DPRD Kolaka, Minggu (19/06/2016).

 

Diskusi yang berlangsung di salah satu rumah makan itu, dihadiri para pengurus Parpol pemilik kursi di parlemen Kolaka dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

 

Diskusi mengangkat tema \’Meneropong Elektabilitas Figur di Pilkada Kolaka\’, dan berhasil mengeluarkan listing sejumlah figur yang bakal meramaikan kontestasi Pilkada Kolaka mendatang.

 

Selain incumbent, Ahmad Safei yang tetap diunggulkan, dalam diskusi tersebut juga mencuat Wakil Bupati Muhamad Jayadin, Parmin Dasir, Adel Berty dan Samsul Bahri Madjid.

 

Menariknya, diskusi yang dipandu Asman Aras (Hanura) didampingi Muhammad Abduh (Gerindra), para peserta mencoba mungurai analisisnya masing-masing, khususnya peta kekuatan pasangan Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin di Pilkada Kolaka mendatang.

 

\”Pilkada Kolaka mendatang akan menarik bila pak Safei dan Jayadin tak lagi melanjutkan paket pasangan dengan pertimbangan Jayadin memilih maju Cabup. Kalau itu terjadi, tentu pak Safei akan menakar siapa figur yang layak mendampinginya. Begitu pula Jayadin,\” pancing Hamka, pengurus DPD PAN Kolaka.

 

\”Bila itu terjadi, NasDem dapat menganalis bahwa yang ideal mendampingi pak Safei adalah Samsul Bahri Madjid (Sekda Koltim). Sedangkan Jayadin juga layak disandingkan Parmin Dasir,\” timpal Ketua Bappilu NasDem Kolaka, Sumardin.

 

yamaha

Namun bila Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin kembali solid melanjutkan periode keduanya, Gerindra pun mencoba menakarnya. Menurut Sekertaris DPC Gerindra, Muhammad Abduh, bila hal itu terjadi, paket pasangan yang mampu mengimbangi pasangan SMS Berjaya, diantaranya paket pasangan Adel Berty-Parmin Dasir atau Parmim Dasir-Samsul Bahri Madjid.

 

\”Atau bisa juga Adel Berty berpasangan Muhajir Al Muraj,\” tambah Abdu yang memunculkan nama pejabat Polres Kolaka.

 

Figur lainnya yang mencuat dalam diskusi tersebut, juga disampaikan Ketua LSM Prangkat Sultra, Nasrudin Foker.

 

Nasrudin menyebutkan, figur yang juga memiliki popularitas, diantaranya Haerul Saleh, Najmuddin Haruna, Faisal Manomang dan Asmani Arif.

 

\”Figur ini juga memiliki basis massa yang mengakar dan merupakan representasi dari kalangan muda,\” terang Nasrudin.

 

Tentang diskusi publik tersebut, juru bicara tenaga ahli DPRD Kolaka, Asman Aras mengatakan, kedepannya akan diagendakan diskusi publik yang akan membahas kondisi Kolaka dalam berbagai aspek.

 

\”Kedepannya tema diskusinya lebih variatif lagi. Tinggal dilihat isu apa yang menghangat di Kolaka,\” kata Asman Aras.

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.