SUARA

Mengagumkan! 4 Gunung Berapi Ini Ada di Tengah Laut Nusantara

SULTRAKINI.COM – Salah satu keajaiban alam Indonesia adalah keberadaan gunung berapi di tengah laut. Tak hanya berada di satu tempat, gunung berapi ini tersebar di berbagai daerah di Nusantara.

 

Sesekali, kita perlu mengisi liburan dengan jalan-jalan mengagumi keajaiban alam Indonesia. Singgah ke berbagai titik ajaib tersebut dalam sekali perjalanan tentu sangat menantang, apalagi saat ini sudah ada Traveloka yang menyediakan tiket pesawat termurah untuk kebutuhan perjalanan keliling Nusantara.

 

Pada liburan berikutnya, yuk kita coba kagumi kemegahan 4 gunung berapi di tengah laut berikut. Tak perlu bingung mencari cara menuju kesana karena sudah ada pesawat Wings Air yang siap mengantar hingga ke pelosok sekalipun.

 

Gunung Anak Krakatau – Lampung Selatan

Membicarakan gunung di tengah laut, jelas Anak Krakatau wajib disebut dalam urutan teratas. Gunung yang secara administratif menjadi bagian provinsi Lampung ini berada di tengah laut antara Pulau Jawa – Sumatera. Gunung megah ini memiliki tinggi kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut (yang setiap tahunnya bertambah sekitar 4 cm).

 

Untuk mengunjunginya, wisatawan harus menyeberang dengan kapal motor, bisa dari Lampung (Sumatera) atau Anyer (Banten). Menikmati keindahan gunung ini juga akan sangat sempurna karena pantainya terhubung langsung dengan Selat Sunda. Kekayaan bawah laut sekitar gunung api sangat menggoda untuk dinikmati dengan snorkeling dan diving.

yamaha

 

Gunung Sangiang – Bima (NTB)

Gunung Sangiang berada di sebuah pulau tak berpenghuni, tepatnya di sebelah timur laut Pulau Sumba. Pulau tempat tinggal gunung ini lebih digunakan sebagai tempat berladang oleh penduduk lokal. Dari Sangiang Barat dibutuhkan waktu 2 jam penyeberangan dengan kapal motor untuk mencapai Pulau Sangiang. Sembari mengagumi keindahannya dari kejauhan, Anda juga bisa wisata budaya di Desa Sangiang Wera. Gunung setinggi 1986 meter di atas permukaan laut ini juga menawarkan keindahan panorama dari puncaknya. Hanya saja, untuk mencapai puncak dibutuhkan usaha lebih meniti trek berliku dengan lama perjalanan hingga 10 jam.

 

Gunung Batutara – Flores

Gunung Batutara memiliki pesona unik yang menjadi pelengkap potensi wisata destinasi baru Pulau Lembata. Gunung ini berada di bawah laut dan masih sangat aktif. Setiap 20 menit sekali, kawah gunung akan meletus kecil menyeburkan api dan lava yang akhirnya mengalir ke laut. Letusan kecil tersebutlah yang menjadi tontonan utama di Gunung Batutara. Dari jarak aman, kita bisa menikmati fenomena alam yang ajaib tersebut. Pemandangan letusan nampak sempurna jika disaksikan pada malam hari. Aktivitas wajib lainnya adalah menyelam menelusuri keindahan alam bawah laut pulau yang berada di antara Pulau Alor dan Pulau Flores Timur tersebut.

 

Gunung Mahangetang – Sulawesi Utara

Gunung satu ini mengartikan “tengah laut” yang sesungguhnya. Tak hanya berada cukup jauh dari daratan, gunung ini juga terendam sedalam 6-8 meter di bawah permukaan laut. Lebih populer dengan nama Banua Wuhu, gunung berapi ini masih aktif mengeluarkan gas dan panas. Untuk melihatnya, Anda bisa snorkeling pada perairan sekitar 300 meter ke barat daya Pulau Mahangetang. Para pemberani biasanya lebih memilih diving agak mendekati puncak gunung untuk melihat langsung gelembung udara dan suara bergemuruh dari gunung batu ini.

 

Pada tubuh gunung, tidak ada terumbu karang karena panas dan belerang yang dikeluarkan gunung. Menyelam lebih dalam hingga 10-20 kilometer, pemandangan bawah laut bak surga siap menyambut Anda. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.